10 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Bikin Ketagihan

10 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Bikin Ketagihan

10 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Bikin Ketagihan

Bayangkan, kecuali product mie instan yang baru saja dinobatkan sebagai mie paling sedap di dunia mengakibatkan varian rasa mie ayam Bangka, pasti rasanya tidak dapat mampu mengalahkan yang asli. Tekstur mie yang lembut, serta bermacam bumbu yang dimasukkan ke dalamnya, mengakibatkan mie ayam bangka salah satu kenikmatan dunia yang ada problem untuk didustakan.

Bukan cuma mie ayam, seperti area lain di Indonesia, Bangka Belitung punyai banyak makanan lezat dengan karakter khasnya. Kondisi geografis, sosial, dan budaya sebuah penduduk jadi beberapa faktor yang memengaruhi karakter sebuah makanan di sebuah wilayah.

Di Bangka Belitung, pertemuan budaya penduduk setempat dengan budaya penduduk Tionghoa sangat berpengaruh terhadap kekhasan makanan Bangka Belitung. Meskipun begitu, rasa khas Bangka Belitung senantiasa muncul. Itu sebabnya, makanan, adalah salah satu faktor yang mampu mengakibatkan seseorang rindu lagi ke Bangka Belitung.

1.Mie Koba

Bangka Belitung punyai sajian mie yang khas dan pastinya sangat lezat. Tepatnya di Bangka Tengah, terkandung sajian unik yang dikenal dengan nama Mie Koba. Mie Koba adalah mie yang dihidangkan dengan kuah dari kaldu daging ikan tenggiri yang sangat khas Bangka Belitung.

Sajian di di dalam satu porsi makanan khas provinsi Bangka Belitung ini terkandung telur ayam, seledri, dan bawang goreng yang jadi tingkatkan cita rasa. Mie koba tenar dengan cita rasanya yang gurih yang berasal dari daging ikan tenggiri. Ditambah perasan jeruk, seporsi Mie Koba jadi sangat nikmat!

Tidak cuma gurih, mie koba termasuk menyajikan rasa asam dan manis, lho. Adapun nama mie koba beerasal dari area di Kabupaten Bangka Tengah. Jika kamu mengidamkan coba keunikan mie koba, kamu mampu datangi Kota Pangkalpinang atau mampu langsung singgah ke area asalnya.

2.Mie Ayam Bangka

Masih sajian mie, kali ini tersedia Mie Ayam Bangka yang telah sangat terkenal. Mie Ayam Bangka ini membawa tekstur yang kenyal dengan cita rasa yang gurih. Terdapat pula sayuran dan daging yang jadi melengkapi sajian Mie Ayam Bangka.

Mungkin kamu telah familiar dengan mie ayam, tetapi Mie Ayam Bangka ini punyai keunikan tersendiri. Penyajian mie ayam bangka terpisah dengan kuahnya. Selain itu, Mie Ayam Bangka termasuk serupa termasuk dengan rasa merica.

Rasa kuahnya termasuk jadi sangat kental dikarenakan terbuat dari kaldu ayam yang dimasak lama. Biasanya, Mie Ayam Bangka dihidangkan dengan bakso agar jadi jadi nikmat dan pastinya mengenyangkan.

3.Berego

Berego adalah makanan khas provinsi Bangka Belitung yang serupa dengan lontong opor. Bedanya, Berego ini terbuat dari campuran beras dan sagu tetapi bentuk dan warnanya serupa serupa termasuk dengan lontong yang biasa kita santap.

Cara menyajikan Berego pun tidak memadai lebih serupa dengan lontong. Berego dihidangkan dengan kuah yang dibuat dari kari ikan. Biasanya, penduduk Bangka Belitung dapat menyantap Berego dengan menu makanan lain seperti gangan, lakso, dan lain-lain.

4.Sup Gangan

Makanan khas provinsi Bangka Belitung yang sesudah itu adalah Sup Gangan. Kalau kamu puas dengan olahan ikan, dijamin kamu dapat sangat nikmati Sup Gangan. Sup yang satu ini bahan utamanya adalah ikan tenggiri yang segar.

Biasanya, Sup gGangan dimasak dengan bermacam rempah dan bumbu. Cita rasa Sup Gangan pun jadi sangat unik. Bahkan, bau amis dari ikan tenggiri pun tidak dapat terasa. Kamu dapat merasakan sup ikan yang gurih dan pedas!

Jika kamu tidak sangat puas dengan olahan ikan, kamu mampu menyantap Sup Gangan dengan daging sapi. Masyarakat Bangka Belitung umumnya dapat menyebutnya dengan nama Sup Gangan Darat. Rasanya? Tentu tidak kalah nikmat!

5.Kericu

Lagi cari makanan khas Bangka Belitung untuk oleh-oleh? Cobalah Kericu! Kericu adalah kerupuk yang dibuat dari telur cumi-cumi dan sagu. Banyak yang menggemari kericu dikarenakan rasanya yang sangat gurih dan enak.

Rasa gurih dari kericu ini dijamin dapat mengakibatkan kamu ketagihan. Kericu ini termasuk mampu kamu jadikan rekan makan untuk menu lainnya. Banyak lho wisatawan yang memburu kericu untuk oleh-oleh. Jadi, kecuali kamu berkujung ke Bangka Belitung, kudu bawa Kericu, ya!

6.Lakso

Lakso adalah masakan Bangka Belitung yang dibuat dari tepung beras atau tepung sagu. Rasa dari sajian Lakso ini sangat gurih dan nikmat. Jika kamu penyuka mie bakso, kamu pasti dapat familiar dengan bentuk dan tekstur dari Lakso ini.

Bedanya, Lakso dari Bangka Belitung dihidangkan dengan kuah santan yang kental dengan cita rasa ikan. Tekstur Lakso yang kenyal dengan kuah kental yang nikmat dijamin dapat memanjakan lidahmu selagi bersantap siang.

7.Rusip

Rusip merupakan makanan khas Bangka Belitung yang diolah melalui sistem fermentasi. Bahan basic dari Rusip adalah ikan teri. Nah, ikan teri inilah yang dapat melalui sistem fermentasi. Tidak cuma ikan teri, Rusip termasuk dibuat dari campuran gula dan bermacam rempah pilihan.

Biasanya, penyajian Rusip perlu selagi yang lama. Olahan ikan teri yang jadi bintang utama perlu selagi pengolahan hingga satu minggu. Setelah itu, ikan teri selanjutnya mampu disimpan untuk diawetkan.

Masyarakat Bangka Belitung gemar menyantap Rusip sebagai rekan lalapan. Rusip pun mampu dinikmati tanpa dimasak terlebih dahulu. Tinggal tambahkan serai, bawang merah, jeruk, dan cabe rawit, kamu telah mampu menyantap Rusip yang nikmat.

8.Getas Bangka

Makanan khas Bangka Belitung yang termasuk banyak dicari oleh wisatawan adalah Getas Bangka. Getas Bangka yang punyai bentuk bulat dan panjang ini membawa rasa yang gurih dan sangat sesuai untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Selain itu, kamu termasuk mampu menjadikan Getas Bangka sebagai rekan lauk dan nasi. Bisa termasuk dimakan dengan makanan yang berkuas. Dijamin nikmat! Kalau kamu mengaku sebagai pengagum kerupuk atau pengagum olahan ikan, kudu coba Getas Bangka!

9.Kue Rintak

Kue Rintak tidak cuma digemari oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh tetapi termasuk jadi salah satu jajanan favorit penduduk Bangka Belitung. Rasanya yang gurih dan tekstur yang unik mengakibatkan Kue Rintak sangat nikmat dijadikan cemilan.

Kue Rintak ini dibuat dari tepung sagu yang sesudah itu diolah jadi kue kuring. Perpaduan rasa manis dan gurih mengakibatkan Kue Rintak jadi sangat lezat. Makanan khas Bangka Belitung ini umumnya banyak dihidangkan selagi hari raya Idul Fitri atau di acara-acara tertentu.

10.Lempok Cempedak

Jika kamu melacak makanan khas Bangka Belitung dan penjelasannya yang sangat unik dan senantiasa diburu oleh para wisatawan, Lempok Cempedak merupakan salah satu jawabannya. Lempok merupakan sejenis dodol yang dibuat dari buah cempedak, sesuai dengan namanya.

Sebagaimana tekstur dodol, Lempok Cempedak termasuk punyai tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Kamu mampu mendapatkan lempok cempedak di bermacam pusat oleh-oleh yang tersedia di Bangka Belitung. Sangat sesuai nih untuk dijadikan oleh-oleh.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *