13 Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Wonosobo Terlezat

13 Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Wonosobo Terlezat

13 Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Wonosobo Terlezat

Kabupaten yang populer dengan suhunya yang dingin ini sebenarnya seakan nggak dulu habis tawarkan bermacam tempat menarik untuk disambangi.
Pasang Bola
Namun, nggak cuma itu. Wonosobo juga punyai banyak makanan tradisional khas yang patut dicoba, lho. Penasaran? Yuk, simak ragam kuliner khas Wonosobo yang wajib dicicipi berikut!

Makanan Khas Wonosobo Terlezat

Mi Ongklok

Belum ke Wonosobo namanya kecuali belum coba kuliner khas Wonosobo ini. Mi ongklok telah sejak lama jadi ikon kota Wonosobo. Nama ongklok sendiri berasal berasal dari alat bantu untuk memicu kuliner tradisional khas Wonosobo lezat ini, yang merupakan keranjang bambu untuk merebus. Mi ini terbuat berasal dari mi, kubis, kol dan daun kucai yang dicampur dengan kuah kacang kental yang biasa disebut loh.

Kurang lengkap rasanya jikalau kudapan satu ini nggak di sediakan bersama dengan sate kambing dan tempe kemul, panganan khas Wonosobo lainnya.

Carica

Toppers pasti nggak bakal menyangka kecuali tersedia satu buah yang cuma dapat dijumpai di Wonosobo. Yap, carica namanya. Buah yang serupa pepaya namun punyai ukuran sedikit lebih kecil ini tumbuh subur di wilayah Dieng. Daging buahnya asam, namun biji carica punyai rasa asam manis.

Masyarakat Wonosobo biasa memicu bermacam olahan berasal dari carica, layaknya manisan, keripik, dan tetap banyak lagi. Kemasannya juga beragam, menjadi berasal dari cup kecil sampai botol. Kelezatan makanan khas Wonosobo ini nggak dapat diragukan lagi, lho!

Kue Pepe Wonosobo
Kerap ada dikala menjelang hari raya, Kue khas Wonosobo ini boleh banget membuat dicicipi waktu datang ke Wonosobo. Tekstur kenyal dan rasanya yang manis dijamin bakal manjakan lidahmu. Jika kamu fans makanan manis, makanan khas Wonosobo satu ini layak kamu coba!

Dendeng Gepuk

Salah satu olahan daging sapi ini wajib masuk ke di dalam daftar makanan tradisional Wonosobo yang wajib Toppers cicipi dikala datang kesini. Dendeng gepuk bakal lebih nikmat jikalau disantap dengan nasi putih dan dibalut sambal bajak yang bakal menggoyang lidahmu.

Cenil

Kudapan khas Wonosobo dan beberapa tempat lain di Jawa ini tergolong makanan yang merakyat sebab harganya yang benar-benar bersahabat dan sering dijajakan secara kakilima. Tampil dengan warna-warni menarik, manisnya siraman gula jawa, dan taburan kelapa muda, makanan tradisional Wonosobo ini boleh banget kamu cicipi.

Kacang Dieng

Hati-hati, ya, jikalau kamu mendengar makanan bernama kacang babi, jangan langsung beranggap itu terbuat berasal dari babi. Ini sebatas nama lain berasal dari kacang dieng sebab bentuknya yang lebih besar berasal dari kacang biasa dan digoreng dengan bumbu yang ditaburi di atasnya.

Makanan khas Wonosobo ini berasal berasal dari kacang yang cuma tumbuh baik di dataran tinggi Dieng. Nggak cuma lezat, panganan ini juga kaya bakal gizi. Dijamin, deh, Toppers bakal ketagihan cuma di dalam sekali gigitan!

Keripik Jamur

Olahan jamur juga jadi andalan di kabupaten ini. Apabila dahulu penduduk biasa memproduksi jamur jadi makanan basah, saat ini jamur diolah jadi keripik seiring berjalannya inovasi di dalam dunia kuliner. Toppers bakal langsung merasakan lezatnya dan gurihnya keripik jamur ini dikala memasuki mulut. Tergiur dengan rasanya?

Geblek

Apabila Toppers tengah berjalan-jalan di lebih kurang kota Wonosobo dan menemukan penjual gorengan yang menjual sebuah makanan berwarna putih, itu lah yang dinamakan geblek. Panganan khas Wonosobo ini terbuat berasal dari tepung pati yang dicampur dengan daun kucai. Meskipun teksturnya condong alot, selamanya saja rasa nggak bakal membohongi lidah.

Tempe Kemul

Beberapa tempat di Jawa Tengah sebenarnya populer dengan olahan tempe-nya. Nggak kecuali di Wonosobo. Mungkin banyak yang mengira tempe kemul adalah tempe mendoan biasa. Namun, tempe khas Wonosobo ini punyai ciri khas tersendiri, yaitu taburan kucai yang menyelimuti dan bentuknya yang renyah.

Makanan khas Wonosobo ini bakal benar-benar nikmat jikalau di sediakan waktu tetap hangat dan ditemani cabai mentah. Pasti bakal memicu Toppers ketagihan, deh!

Purwaceng

Ingin mencicipi suatu hal yang khas di Wonosobo namun sedikit ‘berbeda’? Toppers kemungkinan dapat menjatuhkan pilihan pada purwaceng, sebuah tanaman obat yang multifungsi. Tanaman ini dapat mengobati bermacam penyakit, layaknya masuk angin, kesulitan buang air kecil, pegal linu, dan lainnya. Eits, nggak cuma itu, konsumsi tanaman obat ini juga dapat menambah metabolisme tubuh, saraf dan otot, lho.

Purwaceng sendiri telah populer digunakan sebagai obat vitalitas, biasa digunakan sebagai obat kuat tradisional yang mujarab. Namun, tanaman obat ini tidak secara langsung dikonsumsi, melainkan diolah terutama dahulu jadi teh atau dicampur dengan kopi sehingga lebih nikmat.

Opak Singkong

Dikenal juga dengan nama opak kucai, makanan tradisional Wonosobo ini berasal berasal dari Kalibaber, Kabupaten Wonosobo. Opak singkong berasal berasal dari singkong yang direbus dan ditambah kucai dan garam, lalu ditumbuh sampai halus, dipipihkan dan dijemur. Setelah kering, opak singkong digoreng sampai matang. Rasa makanan khas Wonosobo ini condong gurih dan asin.

Kunjungi Juga : Info Makanan Khas

Sagon

Makanan tradisional khas Wonosobo yang bersifat bulat dan tidak tipis ini terbuat berasal dari campuran tepung sagu, parutan kelapa dan gula. Setelah itu adonan di bakar di atas kayu bakar atau arang sehingga, sehingga menyebabkan wangi yang benar-benar khas.

Toppers dapat belanja panganan ini di Pasar Induk Wonosobo. Di sana, sagon bakal dijajakan di satu kompleks. Jangan lupa menyantap sagon waktu hangat, ya, sehingga kelezatannya makin lama terasa.

Nasi Megono

Masyarakat Wonosobo sering menyebut nasi dengan sego, sehingga makanan yang terdiri atas nasi, sayuran dan ikan teri ini punyai nama lain Sego Megono. Disebut juga sego reged sebab penampilan kuliner khas Wonosobo yang keluar kotor. Sayuran umumnya diiris kecil-kecil untuk lantas ditaburkan di atas ikan teri. Disajikan dengan tempe kemul bakal lebih nikmat.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *