7 Kuliner Tradisional Batak Yang Wajib Dicoba

7 Kuliner Tradisional Batak Yang Wajib Dicoba

7 Kuliner Tradisional Batak Yang Wajib Dicoba

Suku Batak merupakan suku bangsa asli Nusantara yang mayoritas mendiami tanah Sumatera Utara. Batak sendiri terdiri dari beragam suku bangsa serumpun meliputi Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Angkola, sampai Pakpak.
Pasang Bola
Sebagai tidak benar satu suku bangsa terbesar di Indonesia, Batak punya peristiwa panjang dan kebudayaan yang sangat kaya, tidak benar satunya didalam perihal kuliner. Berikut lebih dari satu pilihan kuliner tradisional khas Batak yang tentu menawarkan cita rasa tidak sama yang khas serta unik:

Makanan Tradisional Khas Batak

1. Arsik

Berbahan dasar ikan air tawar seperti ikan mas, nila, sampai mujair, Arsik adalah panganan khas Batak yang kerap disajikan terhadap pas acara-acara adat.

Salah satu kekhasan dari kuliner Batak satu ini adalah pemanfaatan “andaliman”, rempah yang punya cita rasa pedas yang sanggup mengimbuhkan sensasi rasa hangat terhadap pas dimakan.

Makanan khas Batak ini sanggup disajikan berkuah ataupun kering dan punya aroma khas yang takkan gagal menggugah seleramu.

2. Natinombur

Masih berbentuk olahan ikan, Natinombur adalah makanan khas Batak setelah itu yang termasuk berbahan dasar ikan air tawar. Diolah dengan ragam rempah dan termasuk santan sebelum akan lantas dibakar sampai matang.

Dahulu, kuliner khas Batak ini merupakan hidangan bagi para nelayan di Danau Toba dan kerap disantap ketika para nelayan beristirahat di pantai pinggiran danau.

3. Naniura

Berbeda dengan dua olahan ikan sebelumnya, Naniura umumnya disajikan didalam kondisi mentah. Tak tidak benar terkecuali banyak orang lantas menjulukinya sebagai “sushi” khas Batak. Salah satu rahasia kelezatan dari makanan tradisional khas Batak.

Dengan ragam bumbu dan cita rasa asam dari cuka ataupun belimbing wuluh membantu proses pematangan dari Naniura sekaligus membawa dampak makanan khas Batak ini terasa menyegarkan.

4. Saksang

Makanan khas Batak setelah itu ini punya bahan dasar yang berbeda, yakni Babi. Namun, tak sedikit termasuk yang mengganti bahan dasar Babi ini jadi daging Anjing.

Tak hanya bahan dasarnya yang membawa dampak kuliner khas Batak ini jadi unik, namun termasuk proses pembuatannya yakni dengan mengkombinasikan daging dengan darah dari daging itu sendiri.

Proses memasak ini punya nilai filosofi dan kepercayaan dimana daging dan darah tak boleh dipisahkan sebab merupakan satu kesatuan dan terkecuali dipisah bakal membawa dampak rasa dari daging jadi tidak enak.

5. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo adalah kuliner tradisional Batak setelah itu yang termasuk memadai terkenal. Terbuat dari bahan dasar susu kerbau yang lantas dimasak dengan bumbu dan termasuk proses yang tetap tradisional.

Sekilas, hasil akhir dari makanan khas Batak ini nampak seperti tahu, namun cita rasa asin dan gurihnya yang sangat khas tentu membuatnya terasa sangat tidak sama dengan menyadari yang berbahan dasar kacang kedelai.

6. Manuk Napinadar

Buat pecinta kuliner olahan ayam, makanan khas Batak satu ini sanggup jadi pilihan yang tepat. Serupa dengan Saksang, ciri khas dari ayam bakar ini adalah dagingnya yang dibumbui dengan dari daging ayam itu sendiri.

Dengan ciri khas rasa yang pedas, Manuk Napinadar mesti masuk didalam daftar makanan Batak untuk Toppers cicipi.

7. Kue Ombus-Ombus

Panganan khas Batak setelah itu adalah Kue Ombus-Ombus, tidak benar satu makanan ringan yang kerap nampak didalam acara-acara rutinitas Batak.

Berasal dari kota Siborong-borong, Tapanuli Utara, kuliner Batak berbahan dasar tepung beras ini punya rasa manis dari gula merah yang khas serta lezat.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *