8 Kuliner Khas Kazakhstan yang Wajib Kamu Coba, Awas Ngiler!

8 Kuliner Khas Kazakhstan yang Wajib Kamu Coba, Awas Ngiler!

8 Kuliner Khas Kazakhstan yang Wajib Kamu Coba, Awas Ngiler!

Pergi ke beraneka tempat wisata jadi obyek pertama pas berlibur ke luar negeri. Apalagi, jika anda pergi liburannya ke Kazakhstan. Negara yang berdiri di dua benua ini miliki sejumlah danau cantik yang sayang untuk dilewatkan.
Pasang Bola
Tapi datang ke Kazakhstan juga enggak dapat lengkap jika anda belum mencicipi beraneka kuliner khas negara tersebut.

Dilansir dari tasteatlas.com, berikut delpan kuliner khas Kazakhstan yang mesti anda coba.

1. Shelpek

Shelpek pada dasarnya adalah roti pipih atau flat bread tradisional yang terbuat dari campuran tepung, gula, garam, susu, dan minyak sayur. Setelah sepenuhnya tercampur, adonan dibentuk jadi pipih dan dimasak di tandoor.

Supaya rasanya jadi sempurna, shelpek di sediakan dengan krim, selai, atau irisan keju. Shelpek umumnya di sediakan di hari jumat yang merupakan hari paling suci didalam agama islam atau di sediakan pas jamuan minum teh.

2. Beshbarmak

Dalam bhs Kazakhstan, beshbarmak berarti lima jari. Ini karena alih-alih manfaatkan sendok, orang-orang Kazakhstan menyantap beshbarmak dengan manfaatkan tangan. Beshbarmak adalah daging yang sudah dipotong kecil, dan direbus didalam pas lama.

Daging yang digunakan pun terlampau beragam, menjadi dari daging sapi, kambing, ikan, unta, apalagi juga daging kuda. Selain pangsit, sepiring beshbarmak tidak dapat menjadi lengkap tanpa Kedatangan shurpa atau sup kaldu, dan mie. Biasanya beshbarmak di sediakan didalam acara tertentu seperti pesta atau pas menjamu tamu.

3. Baursak

Bisa dibilang, baursak ini adalah odading ala Kazakhstan. Berbeda dengan odading di Indonesia yang diisi coklat dan dijual di pinggir jalan, baursak adalah makanan istimewa bagi rakyat Kazakhstan yang hanya sanggup ditemukan pada acara-acara besar, seperti pesta peringatan atau pernikahan.

Campuran dari tepung, ragi, gula, garam, telur, dan air dibentuk jadi adonan, selanjutnya diisi dengan daging domba sebelum akhirnya digoreng. Selain acara besar, orang-orang juga sebabkan baursak pada musim gugur dan menyantapnya dengan sup tradisional Kazakhstan yang bernama shurpa.

4. Kazy

Di Indonesia, sosis umumnya dibuat dari daging sapi, babi, atau ayam. Di Kazakhstan, orang-orang lebih suka makan sosis daging kuda yang disebut kazy. Kazy adalah sosis yang terbuat dari campuran daging, lemak kuda, dan bumbu-bumbu, seperti bawang putih, merica, serta garam.

Setelah sepenuhnya tercampur, bahan-bahan dimasukkan ke didalam usus kuda. Well untuk kita, sosis daging kuda sesungguhnya terdengar ekstrim. Tapi di Kazakstan dan lebih dari satu negara tetangganya, makanan ini lumayan lazim dan sanggup ditemukan di mana-mana.

5. Kuurdak

Berasal dari abad ke-15, kuurdak merupakan keliru satu makanan tertua di Kazakhstan. Dalam bhs Kazakh, kuurdak miliki arti panggangan.

Pada kenyataannya, kuurdak adalah hidangan yang terbuat dari ginjal, hati, jantung, dan paru-paru domba yang dipanggang. Bahan-bahan yang disiapkan juga umumnya fresh dan berasal dari domba yang baru saja disembelih.

Dulu, kuurdak dipercaya sanggup meningkatkan tenaga bagi ibu hamil yang dapat melahirkan. Saat ini, semua orang sanggup mencicipinya dengan mudah. Buat anda yang gak suka jeroan domba, anda sanggup menggantinya dengan daging iga.

6. Kurt

Selain miliki sosis khasnya sendiri, Kazakhstan juga miliki kurt, keju istimewa yang hanya dapat anda temukan di negara ini. Sama seperti keju pada umumnya, kurt terbuat dari susu, baik itu susu domba atau sapi.

Dulunya, kurt adalah bekal para penggembala domba ketika melintasi wilayah stepa. Buat anda yang penasaran ingin nyobain keju ala Kazakhstan, anda sanggup menemukan kurt kemasan di supermarket.

7. Chak-Chak

Kalau anda gak suka keju domba atau sosis kuda, anda sanggup coba chak-chak. Sesuai dengan namanya yang lucu, chak-chak adalah dessert favorit orang Kazakh. Biasanya tak sekedar sebabkan chak-chak sendiri di rumah, orang Kazakhstan sanggup memperoleh camilan ini di supermarket.

Kamu juga sanggup sebabkan camilan satu ini dirumah. Chak-chak terbuat dari campuran gula, mentega, tepung, dan susu. Adonan kemudian dipotong kecil-kecil, digoreng, dan dilapisi dengan madu. Gimana, gampang, kan?

8. Shurpa

Kuliner paling akhir yang mesti anda coba adalah shurpa, sup tradisional Kazakhstan. Pada dasarnya, shurpa sama banget sama sup ayam di Indonesia. Bedanya, daging yang digunakan adalah daging domba yang sudah dipanggang sebelumnya.

Selain daging dompa, shurpa juga disempurnakan dengan potongan wortel, kentang, bawang, dan rempah-rempah sebagai penyedap rasa. Biasanya shurpa di sediakan dengan beshbarmak atau roti baursak.

Kunjungi Juga : Info Makanan Khas

Orang Kazakhstan terlampau menyukai daging domba. Makanya, gak heran jika banyak kuliner mereka yang manfaatkan bahan satu ini. Selain domba, orang Kazakhstan juga fans daging kuda. Kamu kira-kira dapat suka juga gak, nih?

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *