Ada Pantangan Makan Pecel Lele di Lamongan

Ada Pantangan Makan Pecel Lele di Lamongan- Pecel Lele Lamongan jadi salah satu kuliner legendaris. Menu ini dapat ditemukan nyaris di semua wilayah di Indonesia. Tidak hanya spanduknya yang istimewa serta khas, Pecel Lele Lamongan banyak dikejar sebab keenakannya.

Walaupun begitu, di wilayah asalnya malah ditemui larangan memakan pecel lele. Tidak cuma pecel lele, menu santapan lain yang memakai lele bagaikan materi dasarnya pula tidak bisa disantap. Kabarnya, masyarakat yang berani komsumsi lele dapat mengidap gatal- gatal di badannya,

Dongeng di Suatu Desa

Wilayah yang mempunyai kekangan istimewa itu ialah Dusun Medang, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Masyarakat yang berani komsumsi ikan lele dapat berdampak gatal- gatal di badan, sampai timbul bintik- bintik putih( bercak) semacam ikan lele.

Semacam tertera dalam riset Muhibbatul Hasanah( 2013) mengenai dongeng lele di Dusun Medang. Hingga saat ini, larangan itu senantiasa dilindungi oleh warga dusun setempat.

Ada Pantangan Makan Pecel Lele di Lamongan

Kabarnya, timbulnya larangan komsumsi ikan lele dilatarbelakangi oleh narasi mengenai Boyopatih, anak didik Sunan Giri. Diceritakan Sunan Giri sempat berjamu seseorang wanita yang bernama Mbok Rondo.

Di tengah ekspedisi kembali, Sunan Giri terkenang salah satu pusakanya terabaikan di rumah Mbok Rondo. Kesimpulannya Sunan Giri mengutus Boyopatih buat mengambilnya. Sesampainya di situ, Boyoputih tidak menemukan sambutan bagus dari Mbok Rondo.

Kesimpulannya, Boyopatih menyudahi berkedok jadi kucing serta berarti mengutip peninggalan gurunya dengan cara bisik- bisik. Sialnya, Mbok Rondo mengetahui perihal itu. Boyopatih diteriaki mencolong. Tiba- tiba, beliau dikejar oleh masyarakat dekat.

Dikala nyaris terpojok sebab dikejar, Boyopatih memandang kolam bermuatan ikan lele. Untuk keselamatannya, Boyopatih menceburkan dirinya ke kolam itu. Walhasil, masyarakat yang mengejar Boyopatih kehabisan jejaknya.

Mereka menyudahi kembali ke rumah tiap- tiap. Boyopatih juga aman dari amukan massa. Beliau merasa diselamatkan oleh ikan- ikan lele di kolam, alhasil beliau berjanji mencegah anak turunannya buat komsumsi lele. Benda siapa bersikukuh mau komsumsi lele, hingga anak turunnya hendak dijangkiti penyakit.

Cerita Boyopatih di atas mempunyai sebagian tipe bersumber pada kesusastraan lidah yang bertumbuh di warga Lamongan. Walaupun begitu seluruh tipe mengantarkan angka narasi yang serupa mengenai larangan makan ikan lele.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *