Ayam Cincane Kuliner Tradisional Kalimantan Timur

Ayam Cincane Kuliner Tradisional Kalimantan TimurĀ  – Ayam Cincane adalah salah salah satu kuliner tradisional berasal dari Kalimantan timur terutama di Samarinda yang mengfungsikan ayam sebagai bahan dasarnya. Masakan satu ini merupakan salah satu hidangan utama di dalam bermacam acara rutinitas di Kalimantan timur. Namun sejalan dengan perkembangannya, Ayam Cincane menjadi makanan yang di gemari masyarakat dan menjadi salah satu kuliner tradisional khas di Kalimantan timur.
Pasang Bola

Dalam sistem pembuatannya, Ayam Cincane mengfungsikan daging ayam kampung sebagai bahan dasarnya, dikarenakan ayam kampung di kenal mempunyai daging yang lebih gurih di banding ayam potong biasanya. Pada selagi memasak daging, pertama daging di lumuri dengan air asam jawa dan di diamkan selama tidak cukup lebih 5 menit. Hal selanjutnya di melaksanakan sehingga bisa menghalau bau amis terhadap ayam. Setelah itu daging ayam selanjutnya di goreng dengan minyak mentega hingga 1/2 matang. Ketika sudah 1/2 matang, daging selanjutnya di siram dengan santan dan di menanti hingga santan selanjutnya mengering dan meresap.

Bumbu dapur yang di mengfungsikan diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan juga lengkuas yang di haluskan. Setelah bumbu dapur siap maka di tumis dengan daun salam dan batang serai hingga berbau enak dan berwarna kemerahan. Setelah itu di tambahkan sedikit kecap manis dan masukan daging ayam tadi dan matang hingga matang. Cita rasa berasal dari Ayam Cincane terkandung terhadap bumbu dan ayam yang di matang tadi. Tentunya masyarakat Kalimantan timur mempunyai resep tersendiri di dalam pembuatan sehingga mempunyai cita rasa yang khas dan menggoda selera.

Dalam penyajiannya, Ayam Cincane biasa di sajikan dengan nasi putih hangat. Sebagai menu pelengkap di dalam hidangan ini bisanya terhitung di tambahkan sambal tomat, tak hanya itu untuk meningkatkan kekuatan rasa terhadap sambal bisa di tambahkan air perasan jeruk nipis.

Bagi anda yang mampir ke Kalimantan timur, terutama Samarinda, tidak cukup lengkap rasanya jika belum coba hidangan satu ini. di Samarinda sendiri, Ayam Cincane bisa kami temukan di bermacam warung warung masakan di Samarinda. Cita rasa berasal dari Ayam Cincane selanjutnya pasti dapat memberi tambahan pengalaman yang luar biasa di dalam perjalanan anda.

Nah cukup sekian pengenalan perihal Ayam Cincane kuliner tradisional berasal dari Kalimantan timur. Semoga bisa bermanfaat dan meningkatkan referensi anda perihal kuliner tradisional di Indonesia.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *