Bika Ambon khas Sumatera Utara

Bika Ambon khas Sumatera Utara  РNama bika ambon yang disematkan terhadap makanan daerah Sumatera Utara ini dikarenaken dia adalah olahan bika yang sedikit dimodifikasi bersama dengan jalur Ambon sebagai daerah pertama kali dijual dan dibuatnya makanan ini.

Jalan Ambon sendiri bukanlah jalur di kota Ambon-nya Maluku, melainkan tersedia sendiri di Medan.

Untuk lebih memperjelasnya, bika ambon merupakan sejenis kue yang dibikin berasal dari adonan berupa tepung, santan, gula, dan kuning telur, tapi nantinya dapat difermentasi bersama dengan menambah air nira.

Penggunaan air nira kelapa itulah yang membuatnya tidak serupa dan menjadi product baru khas berasal dari ibukota Sumatera Utara, Medan.

Bahkan menurut keliru seorang penjualnya, untuk membuat bika ambon supaya mampu mengembang sempurna, telur yang dipakai adalah telur ayam yang baru menetas satu hari dan penggunaan santannya, perlu berasal berasal dari kelapa pinggir pantai.

Tidak hanya itu, adonan yang udah dibikin nantinya perlu lewat proses fermentasi air nira selama 7 jam supaya sangat enak.

Baru sehabis adonan lengkap udah dibuat, nantinya dapat diberi perasa makanan dan dioven selama satu jam.

Kue khas Sumatera Utara bersama dengan warna lazim kuning ini mampu ditemui di jalur Majapahit, Medan Petisah, lebih-lebih tersedia lebih kurang 30 sampai 40 toko yang menjualnya, khususnya sebagai oleh-oleh.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *