Kuliner Khas Madura

makanan khas Madura tak hanya soal sate Madura saja, lho. Singgah ke Madura, sempatkan dirimu untuk menjelajahi ragam kuliner khas Madura yang tak kalah lezat dari sate Madura berikut:
Taruhan Bola

1. Bebek Songkem

Buat pecinta kuliner bebek, cobalah cicipi Bebek Songkem saat bertandang ke Madura. Olahan kuliner bebek khas Madura ini dimasak dengan olahan bumbu khas yang dikukus dalam bungkusan daun pisang sehingga menghasilkan aroma lezat.

Ditemani nasi yang masih hangat bersama sambal dan juga lalapan segar, makanan khas Madura ini menjadi salah satu pilihan wisata kuliner favorit bagi para traveler yang singgah ke Madura.

2. Lorjuk

Makanan khas Madura selanjutnya adalah Lorjuk yang merupakan olahan kerang bambu yang khas karena bentuknya yang memanjang. Lorjuk sendiri bisa diolah menjadi beragam kuliner lezat seperti tumis lorjuk, lorjuk goreng, hingga camilan seperti rangginang lorjuk. Dengan rasanya yang terkenal gurih, tentu membuat kuliner khas Madura ini sayang untuk dilewatkan.

3. Tajin Sobih

Tak kalah unik dan menarik dibandingkan kuliner Madura sebelumnya, masih ada makanan ringan Tajin Sobih yang khas dari Madura. Nama Tajin Sobih sendiri didapatkan dari para pedagang kuliner ini yang kebanyakan berasal dari Desa Sobih.

Jajanan khas berupa bubur ini diolah dari beragam jenis bahan dan umumnya disajikan diatas selembar daun pisang. Tekstur lembut dan rasa manis bercampur gurih dijamin bisa memanjakan lidar para penikmat kuliner khas Madura.

4. Topak Ladhe

Topak Ladhe adalah makanan khas Madura yang biasa ditemukan ketika hari-hari besar seperti pada saat Idul Fitri. Sekilas kuliner ini terlihat tak jauh berbeda dengan panganan ketupat sayur. Namun, saat dicicipi, Topak Ladhe memiliki cita rasa khas yang berbeda. Kuah yang diolah dari beragam rempah dan parutan kelapa serta campuran daging sapi, membuat rasa gurih dari kuliner ini semakin nikmat.

5. Kaldu Kokot

Kuliner khas Madura lainnya yang bisa Toppers cicipi adalah Kaldu Kokot. Dalam bahasa Jawa, Kokot memiliki arti tulang sapi, dan sesuai namanya bahan utama dari makanan khas Madura ini adalah tulang sapi yang dimasak sehingga gurihnya tulang dan sumsum menjadi daya tarik utama dari panganan ini.

Dimasak bersama ragam rempah, dan berbagai bahan lainnya termasuk kacang hijau, membuat makanan asal Madura ini memiliki rasa khas yang tak bisa Toppers temukan di kuliner lainnya. Sebagai pelengkap, kuliner ini disajikan bersama irisan lotong atau sepiring nasi hangat.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *