Lemang Khas Sumatera Utara

Lemang Khas Sumatera Utara – Lemang adalah makanan khas Sumatera Utara yang dikatakan dibikin oleh bangsa Melayu, sehingga tersebar luas di Indonesia, Singapura, Malaysia, bahkan Brunei Darussalam.

Di Indonesia, khususnya Sumatera Utara adalah tidak benar satu wilayah yang paling dikenal sebagai area termudah mendapatkannya, bahkan tidak benar satu kotanya bernama kota Tebing Tinggi punyai julukan ‘Kota Lemang‘.

Apa sih Lemang itu ? Lemang adalah makanan yang dibikin dari beras ketan yang telah bercampur bersama santan bersama proses pemasakan memakai perantara bambu.

Biasanya sebelum saat dimasukkan ke bambu, nasi ketan dapat khususnya dahulu dibungkus oleh daun pisang atau memasukkan daun pisang pernah ke bambu baru dimasuki beras ketan.

Yang unik dari pemasakan lemang adalah langkah membakarnya, dikarenakan biasanya bambu dapat dibakar bersama posisi tegak ke arah bara api. Setelah masak lemang bisa dihidangkan bersama langkah segera dimakan atau diberi tambahan lauk.

Masyarakat Tanah Air sendiri kerap mengonsumsinya bersama langkah berikan tambahan isian bercita rasa manis layaknya kinca, serikaya, dan selai.

Namun tersedia pula yang beri tambahan rendang, telur, dan juga lauk pauk lain, bahkan bisa dikonsumsi bersama buah layaknya durian.

Rasa lemang original tanpa tambahan adalah rasa asin gurih dikarenakan tersedia santan yang merasuk ke beras ketan, bahkan kadangkala tersedia yang beri tambahan garam sehingga rasa dari makanan pokok Sumatera Utara ini lebih terasa.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *