MAKANAN KHAS BALIKPAPAN

Makanan khas Balikpapan cukup digemari oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Balikpapan merupakan kota maju yang ada di Kalimantan Timur yang ditandai dengan banyaknya industri yang beroperasi disini.

1. Keripik Iron

Di kalangan wisatawan, kripik iron sepertinya kurang familiar. Namun jika Anda membawanya pulang sebagai oleh-oleh, dijamin nagih. Karena cemilan yang satu ini rasanya sudah pasti nikmat dan menggugah selera. Apa itu keripik iron? Tentu Anda tidak asing dengan keripik singkong.
Taruhan Bola

Ya, keripik iron ini adalah keripik yang terbuat dari singkong pilihan yang berasal dari Saat direbus atau digoreng, tidak seperti singkong umumnya yang berubah lunak, namun singkong bahan dasar keripik iron sangat keras. Dan, ketika dijadikan keripik, rasanya sangat renyah dan gurih. Sungguh, keripik iron recommended banget bagi pecinta cemilan crunchy.

2. Roti Mantau

Breakfast khas Balikpapan identik dengan roti mantau sebagai santapannya. Ya, roti mantau adalah roti yang biasa dipakai sarapan. Tidak seperti jenis roti lain yang didalamnya berisi coklat atau yang manis-manis, roti mantau cocok sekali digunakan sebagai teman sarapan pagi.

Rasanya gurih diluar karena cara penyajiannya adalah dengan cara di goreng. Adapun dalamnya terasa lembut dan nikmat. Anda bisa manfaatkan roti mantau ini sebagai teman sarapan yang nikmat dengan cara dicocol saus balado atau saus lada hitam.

Akan lebih nikmat lagi jika roti ini disajikan dengan pendamping daging kambing atau daging sapi dengan rasa yang nikmat. Harga rotinya sudah pasti sangat terjangkau, cukup 2.000 rupiah saja per potong.

3. Abon kepiting

Pecinta abon wajib mencoba oleh-oleh khas Balikpapan yang satu ini. Biasanya, di tempat lain, jenis abon yang dijual adalah abon daging ayam, daging kambing, dan daging sapi. Nah, di Balikpapan, Anda akan disuguhkan dengan menu abon istimewa dengan nama abon kepiting.

Abon ini tentunya terbuat dari bahan daging kepiting segar yang menjadi ciri khas buah tangan dari Balikpapan. Abon kepiting tersedia dalam berbagai ukuran kemasan dimana kemasannya berupa plastic transparan.

Harga abon kepiting cukup terjangkau dan cocok jika Anda jadikan buah tangan sebelum meninggalkan kota minyak Balikpapan.

4. Peyek Kepiting

Apakah Anda penggemar peyek dan sekaligus pecinta olahan kepiting? Di Balikpapan, Anda akan menemukan makanan khas berupa peyek kepiting yang gurih, renyah, dan nikmat. Memang, hasil laut terbesar di Balikpapan adalah kepiting.

Daging kepiting terasa nikmat saat diolah menjadi peyek dengan tambahan bumbu yang meningkatkan cita rasa peyek dan memberikan keunikan tersendiri. Peyek kepiting cocok digunakan sebagai pendamping makan atau teman minum kopi dengan harga yang relative terjangkau.

5. Amplang

Makanan khas Balikpapan yang selanjutnya adalah amplang. Tak disangkal lagi bahwa amplang adalah makanan khas yang selalu dirindukan dan menjadi target oleh-oleh utama. Mayoritas orang menyukai kerupuk ikan, namun yang jadi ciri khas kerupuk ikan asal Balikpapan adalah bahan ikannya yang terbuaat dari ikan belida.

Ikan ini adalah ikan yang jarang ditemui di tempat lain dengan rasanya yang nikmat luar biasa. ikan belida secara tekstur lembut dan rasanya pun gurih. Kelebihan lainnya adalah, selain rasanya yang nikmat, Anda bisa memilih berbagai varian rasa dari kerupuk amplang yang satu ini. Masih ragu membawa oleh-oleh kerupuk amplang? Dijamin nagih!

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *