Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak dan Populer

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak dan Populer

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak dan Populer

Berkunjung ke tanah Sunda, kurang lengkap jika kamu tidak coba makanan khasnya. Ya, ada banyak sekali memang wejangan makanan khas Jawa Barat yang amat populer di tempat asalnya. Meski makanan layaknya comro dan karedok bisa kamu temukan di tempat lain, tapi memakannya di tempat asalnya pasti amat berbeda.
Pasang Bola
Cita rasa yang di tawarkan makanan khas Jawa Barat ini pasti saja tidak bakal kamu dapatkan di tempat lain. Pasalnya, makanan-makanan khas suatu daerah, jika dimakan langsung dari tempat muasalnya bakal diolah bersama cara yang tradisional agar menciptakan rasa yang amat otentik.

Kamu pasti bakal menyesal jika tidak coba makanan khas Jawa Barat pas berada di daerahnya. Sudah jauh-jauh ke tanah Sunda, eh tidak coba olahan khasnya. Tentu amat disayangkan. Oleh dikarenakan itu, yuk coba wejangan olahan khas Jawa Barat yang kudu dicoba. Makanan-makanan ini amat lezat lho, dan dijamin bakal membuat kamu ngiler!

1. Comro

Makanan khas Jawa Barat ini bisa saja udah banyak dikenal ShopBackers. Bahkan, bisa jadi kamu menemukannya di tempat lain. Ya, comro memang tidak benar satu kuliner khas Jawa Barat yang udah tersebar di sebagian daerah. Makanan ini berbentuk bulat bersama isian di dalamnya. Cara memasak comro adalah bersama digoreng.

Comro sendiri memang adalah singkatan dari oncom di jero, yang berarti oncom di dalam. Oncom yang dimasukkan di didalam comro biasanya adalah sambal comro. Dengan begitu, rasa comro ini bakal sedikit pedas dan gurih. Sedangkan, anggota bulat yang melapisi sambal oncom adalah serpihan singkong. Comro memang didominasi singkong untuk anggota luarnya.

Serpihan singkong berikut terhitung bukan tanpa bumbu. Melainkan dibuat adonan yang ditambahkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Makanan ini biasanya disediakan sebagai camilan sore hari bersama bersama teh hangat. Ada terhitung pendamping comro, yang disebut misro. Misro ini terhitung terbuat dari adonan singkong. Namun isian di dalamnya adalah gula merah agar rasanya lebih manis.

2. Karedok

Makanan khas Jawa Barat seterusnya adalah karedok. Secara penampilan, karedok mirip bersama gado-gado yang populer di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari sebagian tipe sayuran segar yang disiram bumbu kacang di atasnya. Namun bedanya, karedok gunakan sayuran mentah, alih-alih sayuran yang udah direbus layaknya didalam gado-gado.

Ketika kamu mengunjungi Jawa Barat, bakal banyak ditemukan orang yang berjualan karedok. Bahan-bahan karedok biasanya adalah mentimun, kacang panjang, daun kemangi, kol, tauge, dan terong bulat. Aneka sayuran ini kemudian disiram bersama bumbu yang terbuat dari perpaduan kacang tanah goreng, bawang putih, cabai, asam, kencur, gula jawa, terasi, dan garam.

Campuran sayuran yang segar bersama bumbu karedok yang gurih, manis, asam, merupakan perpaduan cita rasa nikmat yang bakal memicu liur menetes. Jangan lupakan terhitung tambahan kerupuk bawang renyah di atas karedok agar situasi makanmu makin meriah.

3. Lotek

Hidangan yang satu ini sekilas terhitung mirip bersama gado-gado dan karedok. Namun sebenarnya, lotek lebih mirip pecel dikarenakan bumbu kacangnya yang pekat dan pedas. Tapi, bumbu kacang di lotek ini lebih manis dari bumbu pecel di Jawa Timur.

Bahan-bahan lotek adalah sayuran segar yang udah direbus sampai masak. Sayuran ini kemudian bakal ditambahkan bersama ketupat, telur rebus, bakwan, dan kerupuk. Setelah itu, bahan-bahan ini bakal diguyur bumbu kacang. Oh ya, yang membedakan bumbu lotek bersama bumbu kacang pada makanan lain adalah ada terasi. Ini merupakan bahan yang jarang digunakan di bumbu kacang untuk gado-gado maupun karedok.

Karena makanan ini lumayan ‘berat’ bersama ada lontong, telur, dan bakwan, maka masyarakat Jawa Barat menjadikan lotek sebagai santapan di siang hari. Aneka sayuran segar dan bumbu khas lotek ini pasti bakal memicu selera makanmu meningkat.

4. Serabi

Kuliner yang satu ini berasal dari tidak benar satu kota yang ada di Jawa Barat, Bandung. Kota Kembang memang udah lama dikenal bersama cita rasa serabi yang otentik dikarenakan proses memasaknya yang masih amat tradisional. Adonan serabi yang terbuat dari tepung beras dimasak didalam sebuah tungku yang terbuat dari tanah liat. Tungku ini sebelumnya terhitung udah dipanaskan didalam sebuah pembakaran yang masih amat sederhana, gunakan kayu dan api.

Di zaman dulu, hanya ada dua macam serabi: manis dan asin. Serabi ini terhitung tanpa topping apapun. Namun kini, udah banyak versi serabi bersama berbagai tambahan topping. Contohnya saja, serabi asin yang kini memiliki banyak tambahan layaknya telur, sosis, sampai keju mozzarella.

Sedangkan, serabi manis memiliki topping dan rasa lain layaknya cokelat, durian, cokelat susu, dan yang lain. Kalau kamu berkunjung ke Bandung, pastikan untuk makan serabi yang masih asli dan otentik dikarenakan dijamin, rasanya beda bersama serabi yang biasa kamu makan di kota lain.

5. Tahu Sumedang

Tahu sumedang adalah tahu berbentuk kotak kecil yang digoreng sampai anggota luarnya renyah. Tahu ini udah amat populer seantero Indonesia dikarenakan banyak orang Sumedang yang keluar dari tempat asalnya dan menjajakan tahu sumedang ke kota-kota lain. Alhasil, tahu ini jadi banyak yang tahu dan amat populer.

Di kota asalnya, tahu sumedang jadi jajanan favorit warga lokal. Tahu ini memang teksturnya renyah dan gurih di anggota luar, tapi amat lembut di anggota dalam. Oh ya ShopBackers, yang memicu tahu sumedang berbeda bersama tahu lainnya adalah rasa asin gurih dan juga anggota didalam tahu yang kopong, seolah tanpa isi. Inilah yang memicu tahu sumedang istimewa dan banyak dicari.

6. Peuyeum

Pergi ke Bandung tidak lengkap jika belum coba peuyeum. Makanan khas Jawa Barat ini adalah hasil fermentasi dari singkong yang direbus kemudian ditambahkan ragi. Warnanya putih sedikit kuning bersama rasa manis yang mendominasi. Kalau di Jawa Tengah dan Jawa Timur, peuyeum ini disebut bersama tape singkong.

Mulanya, singkong yang udah dibersihkan dan dikupas, dikukus sepanjang sebagian saat. Setelah matang, singkong ditaburi ragi untuk merangsang pertumbuhan jamur didalam proses fermentasi. Proses fermentasi bakal makan pas sedikit lama untuk meyakinkan singkong udah jadi peuyeum.

Nah, meski peuyeum ini mirip tape singkong, pasti saja rasanya berbeda. Kalau kamu penasaran, coba saja langsung ke tempat asal peuyeum. Makanan ini banyak ditemukan di pinggir kota Bandung maupun pusat oleh-oleh dan sentra kuliner.

7. Gemblong

Gemblong merupakan makanan khas Jawa Barat yang gunakan tepung beras putih sebagai bahan dasarnya. Tepung beras putih ini lantas dimasak sampai jadi sebuah adonan gemblong. Adonan gemblong terhitung bakal ditambahkan gula aren sepanjang proses pengolahan. Sehingga, hasil akhir gemblong adalah berwarna cokelat.

Soal cita rasa, gemblong memiliki perpaduan rasa manis dari gula aren dan gurih dari adonan tepung beras putih. Gemblong memiliki wujud bulat, sedikit lonjong, dan pipih. Makanan ini adalah jajanan yang lumayan terkenal. Kamu bisa saja bakal ringan menemukan gemblong di pasar maupun sentra kuliner Bandung.

8. Dodol Garut

Makanan khas Jawa Barat yang satu ini udah amat populer sebagai tidak benar satu oleh-oleh dari Bandung dan Garut, Dodol garut memiliki tekstur kenyal dan legit. Rasanya dominan manis bersama aneka varian rasa yang bisa dipilih. Di tempat asalnya, dodol garut memiliki sebagian rasa layaknya kacang, wijen, dan nanas.

Dodol garut sendiri terbuat dari bahan basic tepung ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Perpaduan berbagai bahan basic dodol garut ini menciptakan rasa manis dan gurih. Warga lokal sering menjadikan dodol garut sebagai jajanan yang dimakan pas siang hari. Kamu bisa menemukan dodol garut di berbagai sentra kuliner dan oleh-oleh Garut.

9. Tutug Oncom

Tutug oncom adalah sajian nasi yang terbuat dari campuran nasi dan oncom. Nasi ditumbuk, kemudian dicampur bersama oncom. Namun, oncom yang dicampur bersama nasi tumbuk ini adalah yang udah dimasak bersama cara digoreng atau dibakar untuk mengeluarkan rasanya. Makanan ini amat populer di sebagai makanan khas Tasikmalaya.

Sebagai pelengkap, nasi tutug oncom disantap bersama aneka lauk. Kamu bisa pilih sendiri lauk apa yang dijadikan pendamping nasi tutug oncom. Namun seringnya, nasi tutug oncom dimakan bersama bersama tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, sambal dan lalapan. Nasi ini disediakan di atas daun pisang agar rasanya lebih mantap.

Kunjungi Juga : Info Makanan Khas

10. Sate Maranggi

Tidak hanya sate Madura saja yang populer bersama kelezatan cita rasanya. Sate maranggi yang ada di Jawa Barat ini terhitung tak kalah lezatnya. Sate ini merupakan tidak benar satu kuliner yang kudu dicoba pas kamu berkunjung ke Jawa Barat. Sate ini terbuat dari daging sapi yang lembut dan gurih. Kemudian, daging sapi ini dibakar dan dibaluri bersama bumbu kecap.

Bedanya, bumbu sate yang digunakan untuk sate maranggi ini memiliki rasa manis dan pedas. Ini berbeda bersama sate lain yang bumbunya manis dikarenakan kecap. Bau dari sate maranggi ini terhitung amat khas. Uniknya lagi, jika sate lain dinikmati bersama bersama nasi atau lontong, sate maranggi dimakan bersama bersama ketan bakar yang gurih.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *