Makanan Khas Sumatera Utara Soto Udang

Makanan Khas Sumatera Utara Soto Udang – Terdapat cerita unik dibalik ditemukannya soto udang, karena olahan soto ini ditemukan secara tak sengaja oleh para penjaja soto.

Awalnya soto daging sapi adalah yang pertama dibikin dan dijual, namun kalangan Buddha dan Hindu di sana tidak sudi mengonsumsi daging sapi.

Sebagai gantinya daging ayam menjadi alternatif, namun ternyata lambat laun diberi tambahan udang di di dalam satu porsinya supaya rasanya makin lama enak.

Kini soto udang di sajikan bersama dengan suwiran ayam bakar bersama dengan rasa kuah yang gurih dan ada aroma ayam bakar yang tercium harum.

Untuk membuatnya kudu bumbu rempah normal seperti pembuatan soto terhadap umumnya, yaitu garam, serai, daun salam, daun jeruk, merica, dan daun bawang.

Serta ada tambahan bumbu halus dari bawang merah, ketumbar, bawang putih, jahe bakar, kunyit, dan lengkuas.

Dari bumbu selanjutnya akan dibikin kaldu ayam dari ayam yang akan digunakan sebagai soto. Di segi lain, ayam yang telah direbus untuk membuahkan kaldu, nantinya akan dipanggang, baru disuwir-suwir.

Sedangkan bumbu halus akan digunakan sebagai bumbu untuk memasak udang yang nantinya akan bercampur bersama dengan kaldu ayam tadi dan hasil panggangan ayam.

Setelah dirasa matang, nanti akan di sajikan di dalam mangkok dan juga ditaburi daun bawang di atasnya. Rasanya yang gurih akan dipadukan bersama dengan renyahnya udang dan rasa khas ayam panggang, supaya menambah kenikmatan soto ini.

Adanya udang termasuk akan menambah khazanah rasa sekaligus berikan tambahan gizi berupa protein hewani yang lumayan tinggi.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *