Menyibak Filosofi Jawa yang Melekat pada Iwel-Iwel

Menyibak Filosofi Jawa yang Melekat pada Iwel-Iwel – Taukah anda filosofi kue iwel-iwel bagi penduduk Jawa? Budaya Jawa sarat akan falsafah dan maknanya, terasa berasal dari upacara hingga menyangkut dalam hal makanan. Iwel-iwel merupakan makanan khas penduduk Jawa yang mempunyai lebih dari satu makna.

InfoBlitar udah menyatukan lebih dari satu makna filosofis berasal dari iwel-iwel. Pertama, tersedia yang menjelaskan bahwa iwel-iwel merupakan bentuk akulturasi Islam dan Jawa. Bentuknya yang limas, tersedia lima sisi, secara filosofi bisa mewakili rukun Islam bersama satu ujung, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.Pasang Bola

Makna lain berasal dari Iwel-iwel merupakan adaptasi oleh penduduk Jawa berasal dari penggalan berasal dari bhs Arab waliwalidayya yang berarti “kedua orang tua kami” dan disita berasal dari doa ‘allahummaghfirli dzunubib waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani soghiro’. Maksud berasal dari doa selanjutnya ialah kita diharuskan mengingat orang tua yang udah edukatif dan membesarkan. Iwel-iwel bisa jadi pengingat bahwa sebagai anak perlu senantiasa mengingat dan berbakti terhadap orang tua, keliru satu caranya adalah memanjatkan doa untuk orang tua.

Iwel-iwel termasuk dikaitkan bersama bhs Jawa, ‘kemiwel’, berarti adalah menggemaskan. Itulah alasan iwel-iwel dibikin untuk menyambut kelahiran sang anak. Harapannya adalah sehingga bayinya sehat, lucu, dan tentu menggemaskan. Selain itu, ke-2 orang tua berharap semoga sang anak jadi anak yang berbakti kepada ke-2 orang tua.

Kue basah yang dibikin berasal dari tepung ketan, gula jawa, parutan kelapa, sedikit garam, lantas dibungkus dalam daun pisang dan dikukus ini kebanyakan dijadikan kue pelengkap pas syukuran kelahiran bayi.

Perlu diketahui, kue iwel-iwel ini tidak akan anda temui di lapak penjaja jajan pasar. Masyarakat Jawa biasa membuatnya sendiri kala tersedia kelahiran anggota keluarga yang baru

 

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *