Mie Gomak Makanan Sumatera Utara

Mie Gomak Makanan Sumatera Utara – Makanan tradisional Sumatera Utara dengan nama dali nomer horbo merupakan olahan berasal dari susu kerbau yang dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk susu yang menggumpal layaknya keju.

Jika keju dibikin dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu, dali justru dibikin dengan langkah tradisonal tanpa bantuan bahan kimia apapun.

Selain disebut dengan dali, keju batak tersebut sering disebut dengan bagot ni horbo karena bagot berarti susu sesuai bahan utamanya.

Penggunaan susu kerbaunya termasuk tidak asal-asalan, karena yang akan diambil alih hanya berasal dari induk kerbau yang baru melahirkan anak dengan usia 1 bulan.

Begitu pula dengan proses memerahnya yang hanya dijalankan sementara pagi hari saja dan setelah 5 bulan diperah, bulan seterusnya tidak ulang diperah.

Umumnya, untuk membawa dampak makanan asal Sumatera Utara ini hanya butuh susu kerbau dengan dengan air nenas dan air hasil perasan daun pepaya.

Susu kerbau nantinya akan direbus hingga benar-benar mendidih, sementara itu umumnya perapian akan dikecilkan lantas dilengkapi dengan perasaan air nenas.

Tujuan pemanfaatan air nenas adalah sehingga susu kerbau lebih mudah mengental, namun air daun pepaya untuk menghilangkan bau amis susu. Setelah air nenas masuk, baru diberi air daun pepaya hingga susu mendidih.

Baru kali ini dali nomer horbo udah siap untuk dihidangkan di atas piring, jika mengidamkan membelinya lumayan membayar 10 hingga 20 ribu rupiah saja.

Sebagai makanan khas dan dibikin dengan langkah tradisional, duit sekecil itu tidak tersedia apa-apanya berasal dari keju, padahal rasanya nyaris mirip, yaitu gurih.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *