Mie Sagu Khas Pontianak Yang Legendaris

Mie Sagu Khas Pontianak Yang Legendaris –Terdapat banyak narasi di Kota Pontianak, minggu kemudian aku bersama sahabat dari Blogger Pontianak dibawa buat icip- icip kuliner Mie Bertam di Bakso& Bakmi Pak Usu. Tadinya aku tidak sempat makan mie bertam di restoran, sebab lazim mie bertam jadi menu rumahan konvensional. Tetapi memanglah belum afdhol sih rasanya bila telah lama bermukim di Kota Khatulistiwa ini tetapi belum mengerti makan mie bertam dimana tempatnya terlebih jika dimohon saran oleh sahabat dari luar yang belum sempat mencicipi kuliner yang terkenal semacam Mie Bertam ini.

Mie Bertam Santapan Khas Melayu

Mie Bertam ialah kuliner berbahan mie yang dibuat dari aci bertam yang diolah dari batang tumbuhan bertam. Santapan khas warga spesialnya Kaum Melayu ini lumayan populer mulai dari Riau sampai Kalimantan. Mie Bertam sesungguhnya telah terdapat serta jadi panganan yang sangat disukai warga terlebih buat makan pagi tetapi sedang belum banyak dihidangkan bagaikan menu santapan di restoran.

Mie Bertam bisa diolah jadi Mie Bertam Goreng ataupun Mie Bertam Berkuah. Nah Mie Bertam Goreng lebih populer di wilayah Riau, sebaliknya Mie Bertam Berkuah memanglah santapan khas Melayu spesialnya di Kalimantan Barat.

Cara Pembuatan Mie Sagu

Mie Bertam dibuat dari aci bertam yang diolah dari batang Tumbuhan Bertam( Sago Palm) ataupun Tumbuhan Rumbia, nah tumbuhan ini sangat banyak berkembang di Indonesia spesialnya di wilayah tropis semacam Maluku, Papua, Riau, Sulawesi tanpa melainkan Kalimantan, bagus dengan cara buas ataupun dibudidayakan pada perkebunan orang tumbuhan ini pula berkembang di pinggiran bengawan ataupun tanah berair yang tergenang. Cara pembuatan Mie Bertam lumayan istimewa sebab wajib melampaui cara yang jauh buat membuat aci bertam sampai jadi wujud mie.

Sehabis jadi wujud aci setelah itu diolah menghasilkan mie semacam pada biasanya, tetapi kelainannya saat sebelum jadi rentengan mie, wujud rebusan aci ini pekat seperli perekat. Kemudian adukan dibangun bundar serta dimasukkan ke dalam penerbit pengecap mie setelah itu direbus serta didinginkan sampai kering, kemudian Mie Bertam bisa dihidangkan di dalam satu mangkok yang ada kuah serta sebagian toping andalannya semacam ikan teri, kacang tanah, tauge atau toge serta kucai.

Karakteristik Khas Mie Bertam Khas Pontianak

Oh iya karakteristik Mie Bertam yang ialah khas dari Kota Pontianak ini merupakan terdapat pada bonus ikan teri, tauge, bagian daun kucai, kuah kaldu serta yang sangat penting merupakan Mie Bertam, kalian pula bisa tambahkan perasan sitrus, kecap ataupun juga saus cocok hasrat. Komposisi mie ini mempunyai kenyalan yang berlainan dari mie- mie yang berbahan dasar terigu.

Mie Bertam Khas Pontianak mempunyai komposisi yang elastis serta halus kala dikunyah. Wujud mie- nya ceper luas serta bercorak jernih semacam bihun cuma lebih tebal. Tidak cuma hanya mengenyangkan nyatanya mie bertam ini pula mempunyai banyak khasiat yang tidak tersangka. Nah, jika ingin yang lebih istimewa kalian bisa kolaborasikan dengan sebagian item yang lain semacam telur, bakwan, udang kering, udang, bakso sampai berbagai macam vegetarian.

Yang membuat Mie Bertam harapan Khas Pontianak ini nampak lain dengan mie bertam umumnya ialah, bahan kuahnya, walaupun mie ini pula dapat dihidangkan dalam wujud goreng. Mie Bertam Berair ini hendak terus menjadi nikmat dimakan dikala cuaca dingin dimusim hujan.

Khasiat Komsumsi Mie Bertam Khas Pontianak

Dari bagian karbohidrat, bertam nyatanya mempunyai isi karbohidrat yang besar. Sebaliknya terigu banyak hendak vitamin yang lain semacam protein, lemak serta watak yang bisa berkembang. Sedangkan dari bagian keawetan, bila ditaruh dengan kandungan air serupa, mie bertam hendak lebih kuat lama dibandingkan mie terigu.

Nah sebab menggunakan materi dasar lokal, perihal ini berarti mendukung Peraturan Kepala negara No 22 tahun 2009 mengenai kebijaksanaan percepatan diversifikasi mengkonsumsi pangan berplatform pangkal energi lokal, berarti kita pula menghormati para orang tani yang membudidayakan tumbuhan bertam.

Tidak semacam yang dipercayai banyak orang sepanjang ini kalau bila sangat banyak mengosumsi mie hendak beresiko untuk usus, nah lain perihal dengan Mie Bertam sebab mie ini serupa sekali tidak beresiko untuk usus. Kandungannya yang terdiri dari karbohidrat, menghasilkan mie bertam tidak mempunyai dampak minus untuk usus. Apalagi mie bertam dengan resisten starch nya jadi probiotik untuk usus alhasil bisa melancarkan pencernaan. Komsumsi mie bertam dengan cara teratur pula dipercayai bisa melindungi kesehatan paling utama untuk pengidap diabet.

Temui Mie Bertam Khas Pontianak di Bakso& Bakmi Pak Usu

Buat dapat menciptakannya kuliner konvensional ini pula amat gampang sekali kalian bisa mendatangi Bakso& Bakmi Pak Usu Pontianak yang tertelak di Jalur Gadis Candramidi Nomor 10 Kota Pontianak( tadinya Pondok Ale- Ale).

Harga Mie Bertam di mari tidak melampaui Rp. 10. 000,- atau jatah so bayangin dapat mentraktir membayari sahabat selevel ini mah. Tetapi, anjuran dari aku hendaknya jika kalian tiba kesini paling tidak bawa duit dari 20- 30 ribu rupiah. Sebab sedang banyak menu bonus yang lain yang bisa kalian icip- icip disini.

Tidak hanya makanannya yang lezat, minumnya juga pula ok. Lebih nikmat kombinasikan menu itu dengan minuman fresh Es Sitrus Sengkit. Sehabis terlampiaskan makan bersama sahabat serta kesimpulannya habis pula seluruhnya. Whaats! Yaudah, ayo ke Kota Pontianak bikin nikmatin santapan legendaris itu! O betul, janganlah kurang ingat membawa sahabat betul, jika makan seorang diri kan tak lezat diamati orang.

 

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *