Pangan Lokal Bernutrisi Tinggi Khas NTT Catemak Jagung

Pangan Lokal Bernutrisi Tinggi Khas NTT Catemak Jagung – Yel-yel sederhana ini mengingatkanku terhadap sebuah kenangan manis dalam hidupku. Tepatnya tanggal 30-31 Juli 2016. Aku jadi kakak pendamping untuk adik-adik dalam kesibukan Jambore kawan akrab Anak. Kegiatan Jambore Sahabat Anak ini berlangsung bersama tema utama peningkatan gizi anak lewat mengonsumsi pangan bernutrisi. Kegiatannya seputar memperkenalkan beragam nutrisi yang dibutuhkan sepanjang perkembangan anak, lomba kreasi tenda sampai berlomba untuk mempersiapkan hidangan bernutrisi kreasi sendiri. Uniknya seluruh group dinamai bersama pangan lokal khas Indonesia dan Catemak Jagung pun jadi nama group kita yang beranggotakan Lisa dan Indi.

Jujur baru kali ini saya mendengar nama makanan catemak jagung. Ternyata catemak jagung ini merupakan pangan khas berasal dari Nusa Tenggara Timur loh! Catemak jagung umumnya dijadikan sebagai hidangan penutup bersama komposisi utama jagung, labu lilin dan kacang hijau. Cara masaknya juga benar-benar mudah. Pertama-tama jagung, kacang hijau dan labu lilin direbus.

Kemudian jangan lupa masukkan penyedap rasa dan juga garam secukupnya. Menariknya, bisa juga ditambahkan bersama sayur kesukaan seumpama bunga papaya, daun ubi, jantung pisang atau pucuk labu cocok bersama selera. Tunggu sampai seluruh bahan masakan matang dan kuahnya mengental. Taraaa…catemak jagung siap dihidangkan. Uniknya ketika berkhayal jagung, saya berpikir bahwa rasanya dapat manis, tapi catemak jagung ini dominan rasa asin dan gurih. Wow, menarik ya cita rasanya!

Bedah takaran nutrisi dalam Catemak Jagung

Jika kita mengidamkan menghitung total berapa takaran nutrisi dalam hidangan catemak jagung, baiknya kita bedah jadi berasal dari bahan intinya dulu ya. Jagung merupakan bahan utama yang memiliki kandungan beragam macam vitamin layaknya vitamin A, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B9) dan vitamin C. Taruhan Bola Selain itu jagung juga memiliki kandungan karbohidrat, lemak, gula, serat pangan dan 18 protein asam amino.

Jagung juga melengkapi dirinya bersama takaran zat besi, folat, fosfor, kalium, magnesium, mangan dan zink. Energi yang dihasilkan berasal dari 100 gram jagung adalah sebesar 360 kJ atau setara bersama 86 kalori. Bayangkan, dalam jagung saja udah selengkap ini ya nutrisinya. Mantap jiwa!

Bahan selanjutnya adalah kacang hijau. Kacang hijau punya takaran kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Jenis nutrisi lain yang ada dalam kacang hijau yaitu mangan, selenium, magnesium, dan karbohidrat. Dalam 100 gram kacang hijau memiliki kandungan 81 kalori.

Labu kuning sebagai salah satu komponen catemak jagung ternyata juga tidak kalah nilai nutrisinya. Dalam ukuran satu cangkir, labu lilin memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E folat, zat besi, mangan, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, 1.76 gram protein, 0.17 gram lemak, 12 gram karbohidrat dan 5.1 gram gula. Jumlah kalori yang dihasilkan terhadap 100 gram labu lilin yaitu sebesar 26 kalori.

Kebutuhan kalori dan nutrisi harian individu

Kebutuhan kalori (asupan energi) harian per individu dihitung berdasarkan tinggi badan, berat badan dan bobot kesibukan harian seumpama apakah lebih banyak melaksanakan kesibukan ringan, sedang atau berat layaknya atlet. Semakin banyak kesibukan fisik yang dilakukan per harinya maka kuantitas kalorinya pun dapat tinggi. Saya udah coba menghitung keperluan kalori harian saya lewat kalkulator kalori. Hasilnya bersama tinggi badan 150cm, berat badan 51kg dan kesibukan harian ringan, saya perlu sedikitnya 1.300 kalori dan maksimal 1.800 kalori per harinya.

Namun jika kita tidak sempat menghitung keperluan kalori harian, biasanya keperluan kalori untuk pria dewasa adalah 2.500 kalori dan untuk wanita dewasa adalah 2.000 kalori. Jika kesibukan kita lebih berat maka bisa meraih keperluan 3.000 — 3.500 kalori per hari. Tentunya keperluan kalori bagi anak-anak dan lansia berlainan juga ya. Secara lazim keperluan kalori pria lebih besar dibandingkan wanita.

Berdasarkan acuan kuantitas kalori harian inilah kita bisa memilih keperluan nutrisi harian. Simpelnya, setiap hari kita perlu mencukupi keperluan nutrisi makro dan mikro. Kebutuhan nutrisi makro meliputi karbohidrat (60-75%), protein (10-15%) dan lemak (10-25%). Prosentasenya dihitung berdasarkan angka keperluan kalori kita ya.

Selain mencukupi yang makro kita juga perlu mencukupi keperluan nutrisi mikro berupa zat gizi yang dibutuhkan dalam kuantitas kecil. Kebutuhan nutrisi mikro meliputi kalsium, natrium, zat besi, kalium, yodium, vitamin, magnesium, dan fosfor. Biar jumlahnya kecil tapi mereka penting banget loh untuk menggerakkan kesibukan dalam tubuh seumpama zat besi untuk membentuk sel darah merah, vitamin A untuk kesehatan mata dan magnesium untuk membantu penyerapan kalsium dan vitamin D.

Manfaat catemak jagung bagi tubuh dan kaitannya bersama keperluan nutrisi harian

Catemak jagung itu udah paket 4 sehat 5 sempurna, takaran nutrisi makro karbohidrat, lemak dan proteinnya udah ada, keperluan nutrisi mikronya juga lengkap banget. Ditambah ulang bersama penyajiannya pakai garam maka keperluan yodium juga dapat terpenuhi. Jika kita mengonsumsi catemak jagung bersama takaran 100 gram jagung, 100 gram kacang hijau dan 100 gram labu lilin, maka total kalorinya meraih 193 kalori.

Dengan segala takaran nutrisi yang ada dalam catemak jagung, maka dapat mengimbuhkan kegunaan bagi tubuh kita. Kandungan lemak nabati dan protein nabati benar-benar baik untuk kesehatan tubuh kita. Demikian pula bersama takaran vitamin yang berfungsi untuk antioksidan dan menaikkan daya tahan tubuh. Ditambah ulang bersama kegunaan takaran zat mineral yang membantu sistem regenerasi sel darah merah, dan juga memelihara kesehatan otot, tulang dan jantung dalam tubuh.

Saya yakin catemak jagung bisa jadi salah satu menu andalan pangan lokal bernutrisi tinggi di Indonesia. Bahan yang dibutuhkan bisa bersama mudah kita dapatkan dan cara memasaknya pun tidak perlu keahlian tertentu, seluruh orang bisa membuatnya. Bonusnya ulang takaran nutrisinya yang udah lengkap dan sudah pasti kesehatan tubuh kita dapat selamanya terjaga.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *