Rekomendasi Makanan Khas Surabaya Yang Nikmat

Rekomendasi Makanan Khas Surabaya Yang Nikmat

Rekomendasi Makanan Khas Surabaya Yang Nikmat

Surabaya adalah tidak benar satu kota terbesar di Indonesia yang terkandung di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Ragam makanan khas Surabaya yang banyak variasi membuatnya jadi tidak benar satu kota target kuliner di pulau Jawa.

Hal ini seolah-olah menutupi kelemahannya dalam perihal wisata alam. Karena tak layaknya kota besar lainnya di Jawa Timur layaknya Malang, Surabaya sesungguhnya tak mempunyai begitu banyak destinasi wisata alam.

Variasi makanan khas Surabaya pun berasal dari banyak lapisan. Anda dapat menikmatinya ala makanan restoran, kafe, warung makan, hingga kedai di pinggir jalan. Mencicipi kuliner Surabaya tidak dapat lumayan dijalankan dalam sehari karena jumlahnya yang banyak.

Dalam artikel kali ini, dapat diberikan 10 panduan makanan khas Surabaya yang paling populer dan perlu untuk dicoba kalau Anda mampir ke Kota Pahlawan ini.

1. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah rujak cingur. Bagi Anda yang mengaku pencinta rujak, perlu coba olahan rujak yang satu ini. Rujak cingur terdiri dari dua jenis, yakni rujak cingur matengan yang semua bahannya dimasak dan rujak cingur campur buah.

Dalam rujak cingur matengan terkandung lauk lontong, taoge, kangkung, mengerti goreng, tempe goreng dan cingur. Sedangkan untuk rujak cingur campur buah, di dalamnya dapat dilengkapi buah nanas, mangga muda, bengkuang dan mentimun. Makanan khas Surabaya yang satu ini amat populer dan enak. Apalagi, harga yang di tawarkan pun tergolong murah, biasanya hanya berkisar Rp. 20.000,00 saja per porsinya.

2. Sate Klopo

Apa jadinya kalau kelapa dijadikan sate? Anda perlu mencobanya sendiri kala mampir ke Surabaya. Makanan khas Surabaya yang ke dua adalah sate klopo. Klopo adalah bahasa Jawa yang berarti kelapa. Sate klopo sesungguhnya mengfungsikan buah kelapa sebagai bahan campuran satenya.

Sate klopo terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum akan waktu dibakar. Hal ini yang jadi pembeda sate klopo bersama dengan sate-sate lainnya. Jika sate pada biasanya dibakar mengfungsikan kecap, sate klopo dibalur dulu bersama dengan parutan kelapa sebelum akan waktu dibakar. Rasa yang di tawarkan oleh sate klopo adalah gurih ala kelapa yang menyatu bersama dengan daging bakar, supaya sensasi yang ditimbulkan termasuk tentu tidak biasa.

3. Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan khas Surabaya ketiga yang direkomendasi bagi para pencinta kuliner yang dapat mampir ke Kota Pahlawan ini. Lontong balap terbuat dari campuran lontong, taoge, tahu, daging sapi, dan lento.

Kuah lontong balap berwarna kecokelatan, yang dihasilkan dari siraman bumbu petis. Rasanya tentu tak kalah autentik bersama dengan kuliner-kuliner Surabaya lainnya.

4. Tahu Telor/Tahu Tek

Makanan khas Surabaya sehabis itu adalah mengerti telor atau mengerti tek. Makanan khas Surabaya satu ini berisi potongan mengerti yang dicampur bersama dengan telur, lantas digoreng sejalan dan dipotong-potong.

Di atasnya ditambahkan taoge, kentang dan sehabis itu disiram bersama dengan saus kacang pedas dilengkapi petis khas Surabaya dan kerupuk. Hmm membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

5. Kepiting Cak Gundul 1992

Bagi Anda yang mengaku pencinta seafood, kala ke Surabaya perlu coba makanan yang satu ini. Makanan khas Surabaya yang kelima adalah kepiting Cak Gundul 1992 yang amat populer dan sudah menjadi beroperasi sejak 1992 silam. Saat ini restoran kepiting Cak Gundul sudah terhubung lebih dari satu cabang saking ramainya pengunjung yang memadati restorannya.

Kepiting Cak Gundul populer bersama dengan kelezatan kepitingnya yang berukuran besar, segar, dan harganya yang terjangkau. Selain kepiting, di restoran ini termasuk sedia kan hidangan seafood lain seperi ikan-ikanan, udang, cumi-cumi, dan termasuk ayam.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *