Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Majalengka Yang Wajib Dinikmati

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Majalengka Yang Wajib Dinikmati

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Majalengka Yang Wajib Dinikmati

Mungkin sebagian dari kalian tetap asing dengan satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini.

Namun, sejak didirikannya bandara terbesar di Indonesia sesudah Bandara Soetta, yakni BIJB (Bandar Internasional Jawa Barat) Kertajati, kini Majalengka terasa dikenal masyarakat.

Mungkin gara-gara faktor ada bandara inilah, kini Majalengka terasa ramai pengunjung dari kota-kota lain.

Selain populer dengan persawahan hijaunya yang membentang luas, Majalengka juga populer dengan sebagian makanan khasnya yang lezat.

Jadi, banyak penduduk yang sengaja datang ke Majalengka untuk berlibur dengan dengan keluarga nikmati hijaunya persawahan dan destinasi wisata lain yang tak kalah menarik.

Lalu, apa saja makanan-makanan khas Majalengka yang musti dicicipi kelezatannya oleh parw wisatawan yang berkunjung?

Inilah 10 makanan khas Majalengka yang paling sedap dan harus wisatawan coba:

Kalua Jeruk Khas Majalengka

Makanan pertama yang harus anda cobain kelezatannya yaiti kalua jeruk. Baru pertama kali ya, mendengar makanan ini?

Jadi, kalua jeruk adalah makanan khas berbentuk camilan manis, terbuat dari kulit jeruk bali. Kulit jeruk bali yang tidak tipis ini sesudah itu diolah dengan langkah dicampur dengan gula merah.

Tekstur yang dihasilkan dari kalua jeruk sebenarnya meras dari luar. Namun jika telah digigit, lembut dari dalamnya terasa banget. Tapi hati-hati bikin yang sakit gigi. Karena makanan ini manis banget.

Jika anda penasaran, anda mampu membelinya di toko oleh-oleh yang tersedia di Kota Majalengka.

Kecap Khas Majalengka

Selanjutnya anda mampu coba makanan khas Majalengka berbentuk kecap. Tahu nggak sih, jika kecap Majalengka ini ternyata sudh berdiri sejak 1980-an silam?

Saking melegendanya, kecap tradisional Majalengka menjadi terlampau populer di masyarakat. Kamu mampu coba citarasa kecap Majalengka yang tetap kental dengan ketradisionalannya di pusat-pusat oleh-oleh Majalengka.

Kamu mampu membelinya dan membawakannya kepada kerabatmu di daerah tinggal sebagai buah tangan.

Jalakotek Khas Majalengka

Jalakotek pun makanan yang telah populer sekali di masyakarat lebih kurang Majalengka–bahkan luar kota. Jika dipandang sekilas, jalakotek nyaris sama dengan pastel. Namun bedanya, jalakotek lebih kenyal gara-gara tepung yang digunakan adalah tepung aci. Isinya pun bervariasi.

Biasanya jalakotek dinikmati dengan dengan cocolan cabai hijau, bumbu tertentu atau dengan cocolan sama aida.

Jika anda menginginkan coba makanan khas Majalengka satu ini, saya anjurkan jalakotek di alun-alun Majalengka atau daerah Cigasong dan Paniis.

Mangga Gedong Gincu Majalengka

Nah, tak hanya mangga Indramayu, adapula mangga khas Majalengka yakni mangga gedong gincu. Mangga style ini hingga kini pun tetap terlampau populer di masyarakat.

Di sebagian daerah di Majalengka, mangga gedong gincu juga telah dijadikan sebagai industri. Bahkan mangga ini telah diekspor di berbagai negara seperti Korea, Jepang dan Arab Saudi.

Rasa manisnya yang fresh dan juga bentuknya yang lucu dijamin membawa dampak lidahmu ketagihan, deh.

Kamu mampu mendapatkan mangga ini di pinggir-pinggir jalan di lebih kurang Jatitujuh, Ligung, Panyingkiran dan sebagainya.

Surabi Oncom Majalengka

Surabi atau serabi bukan kembali menjadi makanan asing di seluruh susunan masyarakat. Alhasil, di sebagian daerah membawa dampak inovasi surabi khas daerahnya sendiri. Termasuk di Majalengka.

Jika di Solo anda mendapatkan surabi Notosuman yang melegenda, di Majalengka anda akan mendapatkan surabi oncom. Jadi, di atas surabinya ditaburi oncom.

Makanan khas Majalengka ini punya rasa Gurih dari santan dipadu dengan sedapnya oncom akan membuatmu pengen nyoba terus. Cocok banget untuk dijadikan menu sarapan pagi.

Durian Lokal Khas Majalengka

Selain mangga gedong gincu, buah khas yang mampu dibawa oleh-oleh pulang ke daerah tinggal yakni durian. Jangan salah. Durian Majalengka tak kalah dengan durian di kota lain, kok.

Rasa daging duriannya yang manis bercampur legit yang khas, akan membawa dampak lidahmu menari-nari. Bau dan aroma durian Majalengka pun khas dan menyengat.

Opak Bereum Khas Majalengka

Mungkin bagi sebagian orang tetap asing dengan nama makanan ini. Opak bereum atau opak merah adalah makanan semacam krupuk opak yang dibikin dari bahan utama ketan.

Opak bereum diolah dengan langkah ketan yang telah direbus sesudah itu ditumbuk hingga menjadi adonan. Setelah itu dibentuk dan paling akhir dibakar.

Kamu mampu mendapatkan opak bereum di Desa Sadawangi. Tepatnya di Kecamatan Lemahsugih.

Pepes Jeroan Khas Majalengka

Jika di daerah Yogya anda mendapatkan pepes belut, di Majalengka anda akan mendapatkan pepes jeroan yang lezat tak tersedia banding. Jeroan ini rasanya tidak sama sekali deh, jika dimasak dengan dipepes.

Untuk membawa dampak makanan khas Majalengka ini sebenarnya tak beda jauh dari pepes-pepes lainnya. Namun bumbu yang digunakan pastinya bumbu khas yang tak ditemukan di daerah lain.

Bau harum pepesnya yang menguar ketika baru matang, barang pasti mewakili rasa. Bener-bener akan bikin lidahmu menari-nari.

Angeun Tutut Khas Majalengka

Makanan tutut ini biasa dimakan penduduk Majalengka ditemani dengan nasi putih hangat. Jika anda tak memahami tutut, tutut merupakan hewan semacam keong yang ukurannya lebih kecil.

Tutut Majalengka biasanya diolah dengn langkah dioseng dengan dengan bumbu-bumbu rempah pilihan yang khas.

Pepes Lauk Beunteur Khas Majalengka

Terakhir makanan khas yang tersedia di Majalengka adalah pepes beunteur. Pepes beunteur ini telah ada problem ditemui. Kecuali di sebagian warung di pedesaan.

Beunteur merupakan ikan kecil-kecil yang biasanya tersedia di sungai. Nah, ikan ini dipepes dengan campuran rempah-rempah yang khas. Kemudian diceri juga dengan daun kemangi.

Sehingga aromanya terlampau khas, jika anda menghirup aromanya, dijamin bikin perut laper. Dan segera menginginkan menyantapnya.

Demikian sebagian makanan khas Majalengka yang harus anda coba. Nah, jika kebetulan anda sedang mampir Majalengka, jangan lupa untuk mencicipi keliru satunya, ya! Selamat berkuliner!

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *