Sambal Tuktuk Makanan Khas Sumut

Sambal Tuktuk Makanan Khas Sumut – Sambal tuktuk adalah panganan berasal dari tempat Tapanuli berwujud olahan sejenis sambal yang dibikin memanfaatkan ikan aso-aso (ikan kembung yang dibikin berasal dari proses pengeringan).

Penggunaan ikan untuk membuatnya adalah gara-gara melimpahnya ikan di tempat pesisir Tapanuli.

Walaupun bahannya hampir mirip bersama dengan bahan pembuatan sambal terhadap umumnya, tetapi terdapatnya andaliman membuatnya berbeda, termasuk rasanya.

Selain ikan aso-aso yang bakal digunakan untuk membuatnya, tersedia pula ikan teri tawar yang dijadikan sebagai alternatif seandainya ikan kembung tidak ditemukan.

Bahan yang digunakan untuk memicu sambal khas Sumatera Utara ini adalah ikan aso aso atau ikan teri, andaliman, kemiri, bawang merah, bawang putih, garam, cabai merah, cabai merah keriting, dan jeruk nipis.

Dalam proses pembuatannya, cukup bersama dengan menggoreng ikan sampai masak lalu disuwir-suwir. Bahan layaknya bawang, andaliman, kemiri, dan bawang sehabis itu bisa disangrai sampai berbau harum.

Setelah itu, kesemua bahan yang telah disangari dhaluskan dan dilengkapi bersama dengan hasil suwiran ikan, tambahkan pula garam, jeruk nipis, dan penyedap rasa supaya rasanya makin enak.

Pedasnya yang terlampau dominan bakal mulai lezat seandainya bercampur bersama dengan daging ikan yang enak dan bergizi.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *