Sate Ulat Sagu Kuliner Khas Papua

Sate Ulat Sagu Kuliner Khas Papua  – Kudapan satu ini terlampau kaya protein. Namanya sate ulat sagu. Bagi yang bermukim di Papua, udah biasa memakannya. Bagi yang belum pernah, tak tersedia salahnya mencicipi.
Pasang Bola

Dari bermacam sumber, kandungan gizi dan protein ulat sagu luar biasa. Setiap 100 gram ulat sagu mentah mengandung protein sekitar 9,34 persen. Lalu tersedia kandungan asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84 persen), asam glutamat (2,72 persen), tirosin (1,87persen), lisin (1,97persen), dan methionin (1,07persen).

Selain kandungan gizi dan proteinnya yang tinggi, tekstur ulat sagu lunak, sedikit kenyal dan berasa manis. Masyarakat Papua terlampau menyukai makanan satu ini.

Ulat sagu berasal berasal dari pohon sagu yang ditebang, selanjutnya dibiarkan membusuk. Setelah sekian lama muncul ulat sagu yang mampu dipanen.

Di Papua, sate ulat sagu biasa disebut “Koo”. Pasang Bola Untuk mencari ulat sagu ini, tidak perlu sibuk mencari kehutan dan mencari pohon sagu yang tumbang.

Di Jayapura tersdia di pasar tradisional, seperti Pasar Youtea Abepura Jayapura. Di sana warga banyak yang mempunyai ulat sagu berasal dari hutan untuk dijual ke pasar.

Ulat sagu terlampau familiar di kalangan warga ribumi Papua. Ini adalah hewan yang lumrah dikonsumsi. Diyakini ulat sagu mampu memberi tambahan daya bersama kandungan kolesterol yang rendah.

Masyarakat Papua konsumsi ulat sagu bersama dimakan segera (masih hidup) atau dimasak jadi tumis, dicampur sayur, digoreng dan dijadikan sate.

Untuk membuat sate ulat sagu ini, caranya mirip membuat sate ayam atau sate kambing. Ulat ditusuk bersama tusuk sate di anggota dekat kepala. Lalu di panggang di atas bara api. Lalu diolesi bersama kecap encer, selanjutnya dipanggang ulang hingga tingkat kematangan sesuai selera.

Sate ulat sagu ini pun siap disajikan bersama bumbu kacang seperti biasa atau cuma bumbu kecap.

Di Papua, masyarakat biasa menyantap sate ulat sagu bersama papeda atau roti sagu. Mau mencoba?

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *