Tauco Cianjur Jangan Sampai Dilupakan

Tauco Cianjur Jangan Sampai Dilupakan – Masih ingatkah bersama dengan tauco (taoco)? Ya, tauco, adalah bahan makanan kaya protein khas Cianjur yang dibuat dari biji kedelai dan umumnya digunakan sebagai bumbu masak atau penyedap makanan.

Akan tetapi, terkecuali lebih dari satu dari kita bahkan generasi milenial tidak kenal bersama dengan bahan tersebut, sepertinya lumrah dan tidak perlu disalahkan. Betapa tidak, karena situasi dan kondisi, tauco sudah jadi menepi atau jelasnya dilupakan.Pasang Bola

Hal itu setidaknya diakui Budi, seorang pengusaha tauco bersama dengan merk dagang “Cap Meong”. Tauco ini, di dalam peristiwa “pertaucoan”, disebut-sebut sebagai tauco pertama di Cianjur yang jadi dibuat tahun 1880-an, terhadap jamanBelanda dulu.

“Sekarang, pamor tauco tambah muram. Omset terus menurun,” katanya. Bukan hanya tauco produksinya, namun termasuk tauco merk lain yang masih bertahan hingga selagi ini.

Dulu, demikian ceritanya, tauco begitu populer. Pesanan dari berbagai area di Tanah Air cukup banyak, sehingga tiap hari, perusahaan tauco di Cianjur terus berproduksi di dalam kuantitas besar. Semakin tenar lagi bahan penyedap makanan ini, karena Cianjur, dulu menjadi lintasan utama yang akan ke Jakarta dari arah Bandung, atau yang ke wilayah Bandung dari arah Bogor dan Jakarta atau sekitarnya.

Namun bersamaan denganperkembangan jaman, lebih-lebih karena bermunculan penyedap masakan atau makanan yang lebih moderen bersama dengan penyebaran dahsyat, tauco jadi menepi dan dilupakan. Makin terpuruk lagi nasibnya, sehabis kawasan Kota Cianjur tidak menjadi perlintasan utama lagi, menyusul dioperasikannya Jalur Tol Cipularang.

“Sekarang mah kita perlu sabar. Tapi kita tidak tahu, apakah akan terus bertahan atau berhenti. Kalau tidak tersedia hasilnya, lebih baik tukar usaha,” kata Ny. Ahen, pengusaha tauco lainnya yang hingga selagi ini masih coba bertahan.

Dia mengatakan, berbagai usaha untuk meningkatkan lagi pamor tauco terus dilaksanakan para pengusaha. Hasilnya, sekarang tersedia tauco berbagai rasa dan bentuk beserta olahannya, bersama dengan maksud memunculkan energi tarik. “Namun bisnis itu, belum sepenuhnya mengangkat lagi pamor tauco,” ujarnya.

Apakah ini berarti tauco hanya tinggal nama suatu selagi nanti? Mudah-mudahan masih tersedia kesempatan untuk mengangkat pamor tauco dan digemari lagi masyarakat, termasuk digemari generasi milenial

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *