Tempat Kuliner Makanan Khas Bali

1.Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Oke, sebelum kamu shock baca Judul video Youtube kita diatas, mimin mo jelasin kalau video di atas kita ngereview 3 tempat makan halal di Ubud dengan 3 harga yang berbeda: Murah, Sedeng dan Mahal!

Dan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku menjadi pilihan kita untuk makanan yang murah di Ubud. Tonton sampai habis yah Sob!
Taruhan Bola

Warung dengan menu Nasi Campur Ayam ini udah hits dari tahun 1963 loh. Kakek-nya mimin dulu cerita si Ibu Mangku ini jualan dipinggir jalan doang ((dan pindah-pindah)) tapi tetep rame.

Sampai akhirnya dia bikin tempat makan yang proper seperti sekarang ini, yaitu di rumah mereka sendiri. Gak heran kalau tempatnya berasa homey banget!

Konsepnya cukup unik dengan ada bale-bale dimana kamu bisa menikmati menu makanan sambil duduk lesehan. Nyaman banget.

Dan harganya, cuman Rp 25.000 Sob! Murah Meriahh~

2.Warung Mak Beng

siapa yang gak kenal dengan Warung Mak Beng di Bali. Kalau kamu minta supir atau ojol buat ke Mak Beng, mereka pasti siap nganterin.

Warung Mak Beng ini sudah mulai jualan dari tahun 1941 loh! Wow!

Menu-nya cuman satu, Sob! Jadi uda gak ada cerita kamu duduk dan milih menu lagi. Tinggal bilang sama mbak-nya kamu minta berapa porsi. Dalam hitungan 10 menit, makanan siap tersaji. Gile, ngalah-ngalahin fast food yah!

Uniknya nih, setiap paket yang kamu pesan bakal terdiri dari menu andalan mereka yaitu Sup Kepala Ikan dengan bumbu Kuning khas Bali, Ikan Goreng, Nasi dan tentu Sambel special Mak Beng!

Yang mimin paling suka dari menu ini tuh Ikan-nya berasa seger dan empuk banget, karena ternyata nih setiap Ikan Jangki yang disajikan itu fresh hasil tangkapan nelayan Sanur pada hari itu Sob!

Selain itu, ikan-nya juga gak bau amis. Mungkin karena sudah diolah juga dengan menggunakan beberapa rempah-rempah seperti jeruk nipis dan daun salam.

Walaupun buka dari jam 8 pagi sampai 10 malam, kamu kalo kesini harus siap antri yah. Jarang banget mimin dapet tempat duduk tanpa harus ngantri. Kalo musim liburan, kudu ngantri sampe 30 menit loh!

Harga untuk satu porsi di Warung Mak Beng ini hanya Rp. 55.000 kog.

3.Warung Nasi Ayam Bu Oki

Kamu perlu tau nih Sob, si Ibu Mangku punya lawan yang cukup sejajar di Bali namanya Bu Oki. ((Tapi mereka bukan musuhan yahhh))

Maksudnya mereka berdua menjual menu yang bisa dibilang 90% mirip. Nasi Ayam Bu Oki ini juga hanya memiliki satu jenis menu dengan isian serupa dengan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Yang menurut lidah mimin berbeda antara 2 warung nasi campur ayam ini adalah kekuatan penggunaan rempah-rempahnya sih. Kalo mimin ngerasa Nasi Ayam Bu Oki ini bumbu betutu dan pedes-nya lebih nampol. Apa Sobat Elbeh juga merasa begitu?

Untuk lokasi juga mereka ada di 3 tempat: Nusa Dua, Jimbaran dan Tuban. Silahkan milih sesuai tempat terdekat-mu yah Sob.

Harga-nya juga sama kog, cukup Rp 25.000 per porsi. Namun nih kalo kamu minta bungkus, kamu bisa rikues yang harga Rp 10.000 ataupun Rp. 15.000 dapetnya lumayan banyak ((hampir mirip-mirip sama yang Rp. 25.000))

4.Warung Nasi Ayam Men Weti

Salah satu makanan khas Bali paling legendaris di Bali, ya Men Weti ini Sob. Sudah mulai jualan dari jaman kakek-nya mimin suka nongkrong di pinggir pantai Segara Ayu, Sanur.

Dari dulu sampai sekarang (ketika ibu Weti yang jualan pertama sudah almarhum), rasa makanannya tetep konsisten enak sih.

Gak heran kalo tiap pagi, terlihat antrian panjang berwarna hijau ((alias abang-abang ojol yang ngantri orderan pelanggan)).

Suasana disini seru, tapi tegang Sob. Maklum Ibu-ibu yang kerja disini terkenal judes. Hahahahaha… jangan sekali-kali rewel minta gak pake ini gak pake itu, bisa-bisa disambit tulang ayam. Terima aja dikasi apa aja Sob. Semua enak kog.

Tiap porsi kamu bakal dapet Nasi dengan lauk yang sangat beragam, mulai dari Ayam suwir Betutu, telur pindang, emping, sayur urap, benyuh dannnn favorit mimin kulit ayam super crispy!

Perpaduan berbagai makanan dengan rasa yang berbeda-beda ini sangat harmonis ((eaaa)) di lidah. Dijamin kamu gak pernah nyobain makanan khas ini di luar Bali.

Cukup Rp. 20.000 kamu sudah dapet satu porsi dan kalau mau lebih puas, kamu order deh sate lilit-nya juga. Ingetttt pake senyuman termanis biar gak disambit!

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *