Makanan Khas Demak Paling Enak Dan Banyak Diburu

Makanan Khas Demak Paling Enak Dan Banyak Diburu

Makanan Khas Demak Paling Enak Dan Banyak Diburu

Negara Indonesia adalah tidak benar satu negara yang kaya dapat kekayaan makanan khas. Baik itu kuliner yang dicicipi di tempat, ataupun makanan khas yang dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.
BandarBolalive
Bagaimana tidak? Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke sekaligus dari Timor sampai ke Talaut, loh! Kebayang kan, jikalau tiap tiap kabupaten saja memiliki 10 makanan khas? Pasti bingung jikalau sudi nyobain satu-satu. Dan pasti saja makanan khas tiap-tiap area beragam.

Nah, kali ini ceroboh-holic dapat memaparkan berkenaan beberapa makanan khas di tidak benar satu area yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah tersebut bernama Kabupaten Demak. Pernah mendengar berkenaan Demak?

Demak biasa dijuluki orang-orang bersama dengan sebutan Demak Kota Wali karena di area Demak terlampau banyak sekali wali-wali dan juga merupakan pusat kerjaan terbesar di Indonesia pada zamannya.

Demak juga merupakan pusat persebaran Islam terbesar pada zamannya. Karena hal-hal tersebut, maka makanan khas yang tersedia di Demak terlampau perihal erat bersama dengan kebiasaan Islam, juga tak diragukan kehalalannya.

Berikut ini merupakan beberapa makanan khas Demak yang harus anda cicipi jikalau anda singgah ke Kota Demak:

Bothok Telur Khas Demak

Meski bothok telur asin sudah banyak ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung atau kemungkinan Jogjakarta, jikalau anda singgah ke Demak anda terlampau disarankan untuk mencicipi makanan khas satu ini karena pasti saja bothok telur di Demak berbeda bersama dengan bothok di area lain.

Kelezatan rasanya terlampau khas dan unik. Bothok telur asin berbahan basic telur asin mentah, daun salam, daun pisang, cabai, tahu, kelapa parut kasar dan yang paling akhir adalah air.

Rempah-rempah yang digunakan didalam pembumbuan di antaranya lengkuas, kencur, bawang merah, bawang putih garam dan juga gula merah.

Kamu dapat menemukan bothok telur asin khas Demak di beragam area di Demak. Tempat-tempat tersebut di antaranya di pasar tradisional dan di warung makan.

Tidak usah mikir dua kali deh, untuk mencicipi makanan lezat satu ini untuk anda santap.

Nasi Ndoreng Khas Demak

Nasi ndoreng, ya. Bukan nasi goreng. Jangan tidak benar baca. Hahaha. Tahu nggak sih, jikalau nasi ndoreng merupakan makanan kesukaan penduduk Demak sendiri?

Yups! Nasi ndoreng merupakan makanan tradisional yang didominasi nasi dan sayur mayur yang sudah dimasak sedemikian rupa. Pokoknya lezat sekali, deh. Apalagi bumbu-bumbunya yang Indonesia banget. Tentu saja dapat makin lama sesuai di lidahmu.

Kalau anda menghendaki mencoba nasi khas satu ini, anda dapat mendatangi alun-alun Demak sementara tersedia perayaan acara Megengen. Tapi anda juga dapat menjumpainya di hari lain.

Nasi Kropokhan Khas Demak

Makanan satu ini terbuat dari bahan utama labu putih dan daging kerbau. Nasi ini merupakan nasi warisan leluhur Kota Demak yang pada zamannya dijadikan sebagai makanan para raja-raja Demak.

Untuk rempah-rempah khas Indonesia yang digunakan didalam pengolahan nasi kropokhan di antaranya yakni kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jinten, ketumbar, gula pasir, garam, lengkuas dan paling akhir adalah daun salam.

Nah, bumbu-bumbu rempah tersebut makin lama terasa enak dan mantap karena dilengkapi bersama dengan satan kelapa dan juga daun kedondong. Tentu saja makanan ini menjadi sehat karena daun kedongdong yang terasa asam dapat mengakibatkan kolesterol menurun. Apalagi makanan ini tersedia daging dan santan kelapanya.

Oh iya, tak sekedar nasi khas ini makanan kesukaan raja, nasi ini juga dijadikan hidangan di sementara tersedia acara-acara kerajaan. Yakin tidak sudi coba makanan kesukaan raja Demak? Hehehe ….

Sop Balungan Khas Demak

Jika di Jepara tersedia sop bersama dengan kaldu udang atau disebut sop udang, maka di area Demak ini tersedia sop yang di dalamnya memuat balungan-balungan kerbau. Kalau anda tidak paham balungan, balungan berasal dari Bahasa Jawa, balung yang artinya tulang.

Awalnya makanan ini hampir diidentikkan bersama dengan soto kerbau. Karena soto kerbau juga merupakan makanan khas Demak. Kalau soto kerbau pakai isi daging kerbau, maka sop balungan pakai tulang-tulang kerbau.

Rasanya tidak usah tanya, deh! Kelezatan balungan dan kebugaran sopnya ga ada banding pokoknya.

Nasi Brongkos Khas Demak

Nasi brongkos jikalau di area Blora hampir mirip bersama dengan nasi rawon. Nasi brongkos terbuat dari bahan-bahan di antaranya kacang merah, buncis, buah kentang, santan, lengkuas, jahe, daun salam, serai, garam dan juga air.

Rempah-rempah yang digunakan didalam memasak nasi brongkos ini tentunya tidak jauh berbeda karena khas Indonesia pasti terdiri dari bawang merah, bawang putih. Lalu dilengkapi gula dan nangka muda.

Kunjungi Juga : Info Makanan Khas

Biasanya nasi brongkos dijadikan santapan di pagi hari untuk sarapan. Kalau anda penasaran bersama dengan nasi brongkos, jangan lupa singgah ya!

Asem-Asem Daging Khas Demak

Seperti namanya, makanan khas satu ini bahan utamanya adalah daging, yakni daging sapi. Dan rasanya juga asam yang dipadu bersama dengan pedas dan manis didalam satu waktu.

Karena bumbu-bumbunya dibikin dari rempah yang membuahkan rasa yang terlampau lezat seperti lengkuas, daun salam, tomat hijau, daun buncis, gula merah, garam, kecap, dan asam jawa.

Itulah daftar nama-nama makanan khas dari Demak yang dapat anda coba disaat anda singgah ke Kota Wali ini. Semoga dapat menambahkan ilmu berkenaan makanan khas Demak, ya! Selamat ziarah dan berlibur di Demak!

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *