MAKANAN KHAS SURABAYA

Surabaya bukan hanya menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, tapi juga menjadi surganya pecinta kuliner. Beragam masakan dengan rasa yang variatif bisa dengan mudah kamu temukan di setiap sudut kota Surabaya. Yang lebih spesial lagi, makanan khas Surabaya jumlahnya bisa sampai puluhan.
Taruhan Bola
makanan khas Surabaya itu akan membuat kamu tidak sabar kembali dan merasakan makanan lainnya lagi.

1. Sate yang tidak biasa – Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Kelapa dibikin sate? Bagi yang belum mencoba mungkin bakal berpikir seperti itu, padahal sate ini berasal dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum kemudian dibakar. Rasanya? Well, kamu yang penasaran harus mencobanya langsung!

Sate Klopo Bu Asih
Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Genteng, Surabaya
Harga: Mulai dari 17,000 hingga 18,000 IDR per porsi

2. Kuliner malam yang maknyus – Sego Sambel Mak Yeye

Kalau mau mencoba kuliner pedas khas Surabaya, kunjungi saja Sego Sambel Mak Yeye di daerah Jagir, Wonokromo, yang buka menjelang tengah malam dan tutup saat subuh. Karena kekhasan rasa dan pedas, serta condiment yang ada, kamu mungkin harus antri selama beberapa waktu untuk bisa mendapatkan sepiring nasi sambel dengan ikan pari sebagai lauk utamanya. Slurp!

Sego Sambel Mak Yeye
Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo, Surabaya
Harga: Mulai dari 15,000 IDR untuk seporsi nasi sambel dengan ikan pari, telur dan tempe goreng.

3. Kearifan lokal yang melegenda – Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap Pak Gendut adalah salah satu bukti nyata hasil dari kerja keras, konsistensi dan kearifan lokal karena kini hidangan mereka adalah salah satu kuliner paling melegenda di Surabaya. Berdiri sejak 1958, lontong balap Pak Gendut telah menjaga rasa dan kualitas, yang membuat pelanggannya terus datang kembali.

Lontong Balap Pak Gendut
Lokasi: Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

4. Kuliner asli Suroboyo, rek! – Rujak Cingur Ahmad Jais

Makanan khas Surabaya identiknya dengan rujak cingur dan salah satu spot terbaik mendapatkan kuliner ini ada di daerah Genteng. Di warung Ahmad Jais, rujak cingur yang disajikan memiliki kekhasan tersendiri. Mulai dari setiap bahan di dalamnya, kamu bisa merasakan bahan pilihan terbaik di setiap suapan. Untuk mendapatkanya, siap-siap juga menunggu lumayan lama karena biasanya selalu ada antrian meskipun harganya di atas harga rujak cingur di tempat lain.

Rujak Cingur Ahmad Jais
Lokasi: Jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Peneleh, Genteng, Surabaya
Harga: Mulai dari 45,000 per porsi

5. Menyesapi kenikmatan di rongga cangkang – Warung Kepiting Cak Gundul

Makan kepiting memang sedikit ribet. Dibutuhkan sedikit upaya untuk bisa menikmati setiap daging di rongga cangkangnya. Agar hasil yang didapatkan sepadan dengan usaha yang dikeluarkan, kamu harus coba Kepiting Cak Gundul di wilayah Suko Manunggal karena mulai dari rasa, sensasi hingga kenikmatan yang didapat berkualitas nomor satu. Nyam nyam!

Kepiting Cak Gundul 1992
Lokasi: Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Surabaya
Harga: Mulai dari 13,500 hingga 27,000 IDR per 100 gram

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *